Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang yang Alami Reaksi Alergi pada Dosis Pertama Vaksin mRNA, Terbukti Mampu Menoleransi Dosis Kedua

Kompas.com - 03/08/2021, 21:33 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menunjukkan, kebanyakan orang dengan reaksi alergi terhadap dosis pertama vaksin mRNA Covid-19, baik dari Pfizer/BioNTech atau Moderna dapat dengan aman menerima dosis kedua.

Sebelumnya, reaksi alergi yang muncul setelah vaksinasi mRNA Covid-19 dilaporkan setinggi 2%, dengan anafilaksis - reaksi alergi seluruh tubuh yang mengancam jiwa - terjadi hingga 2,5 per 10.000 orang.

Terkait hal itu, ahli alergi di Massachusetts General Hospital (MGH) memimpin sebuah penelitian untuk mengetahui, apakah semua individu yang mengalami reaksi alergi terhadap dosis pertama vaksin mRNA Covid-19 dapat menerima dosis kedua dan menoleransinya tanpa komplikasi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu mRNA pada Vaksin Pfizer dan Moderna

Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti dari MGH, Vanderbilt University Medical Center, University of Texas Southwestern Medical Center, dan Yale School of Medicine menggabungkan data pasien yang mencari perawatan spesialis alergi di rumah sakit, setelah adanya reaksi terhadap dosis pertama vaksin mRNA Covid-19 mereka.

"Reaksi ini dapat mencakup gejala seperti gatal-gatal atau kemerahan. Semua pasien termasuk yang disarankan oleh spesialis alergi setelah reaksi dosis satu," jelas penulis utama Matthew S. Krantz, MD, dari Vanderbilt University Medical Center.

Di antara 189 pasien, 32 (17%) mengalami anafilaksis – alergi gejala berat setelah dosis pertama vaksin mRNA Covid-19. Sebanyak 159 pasien (84%) melanjutkan untuk menerima dosis kedua.

Semua 159 pasien, termasuk 19 orang yang mengalami anafilaksis setelah dosis pertama, terbukti tubuh mereka menoleransi dosis kedua.

Tiga puluh dua pasien (20%) melaporkan gejala langsung dan berpotensi alergi, terkait dengan dosis kedua yang sembuh sendiri, ringan, dan/atau sembuh hanya dengan antihistamin.

Baca juga: WHO: Vaksin mRNA Manfaat Lebih Besar Dibandingkan Risiko Jantung

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com