Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mencegah Hewan Terinfeksi Covid-19 Menurut KLHK

Kompas.com - 03/08/2021, 17:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) yang diberi nama Tino dan Hari terkonfirmasi positif Covid-19 pada 15 Juli 2021.

2 Harimau Sumatera ini, menambah deret hewan atau satwa di dunia yang terinfeksi Covid-19 sejak pandemi ini melanda berbagai negara di dunia mulai akhir tahun 2019 lalu.

Menanggapi persoalan ini, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ir Wiratno MSc turut memberikan rekomendasinya.

Baca juga: 2 Harimau Sumatera di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Ini 3 Imbauan Dokter Hewan

Wiratno mengatakan, memperhatikan perkembangan terkini dari pandemi Covid-19, dengan varian virus terbaru yang lebih cepat berkembang dan menular, maka tindakan pencegahan penularan penyakit terhadap hewan sangat penting dilakukan.

Terutama di fasilitas yang melakukan pengelolaan dan perawatan satwa, seperti Lembaga Konservasi Umum (Kebun Binatang, Taman Safari, Taman Satwa, Taman Satwa Khusus), Lembaga Konservasi Khusus (Pusat Penyelamaan Satwa, Pusat Penyelamatan Satwa, Pusat Rehabilitasi Satwa, Pusat Latihan Satwa Khusus, Pusat Konservasi Satwa), Penangkaran dan Tempat Transit Satwa.

"Terhadap hal di atas, maka diperlukan peningkatan kewaspadaan yang lebih tinggi terhadap pengelolaan dan perawatan satwa selama pandemi, terutama dalam situasi PPKM darurat," kata Wiratno dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin (2/8/2021).

KLKH juga mengimbau, agar UPT KSDAE dan Mitar Kerja Bidang Konservasi Keanekaragam Hayati melaksanakan pencegahan penularan penyakit, baik pada manusia maupun satwa liar terutama untuk mencegah penularan Covid-19.

Cara mencegah hewan terinfeksi Covid-19

Berikut tujuh cara mendasar yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi Covid-19 pada hewan.

1. Protokol kesehatan

Pemilik hewan peliharaan, baik individual ataupun pusat konservasi, seperti taman margasatwa dan kebun binatang harus terus menerapkan protokol kesehatan atau pedoman yang masih berlaku di setiap unit pengelolaan dan perawatan satwa.

Dalam penerapannya, juga harus dilakukan evaluasi protokol kesehatan atau pedoman pencegahan penularan Covid-19 yang ada saat ini. 

Serta, apabila diperlukan, melakukan peyesuaian terhadap protokol kesehatan atau pedoman pada situasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

2. Lakukan tes swab antigen dan PCR rutin petugas

Cara mencegah infeksi Covid-19 pada hewan berikutnya adalah dengan melakukan test swab antigen secara rutin.

Sebagai informasi, Tino dan Hari terpapar Covid-19 justru pada saat TMR sedang ditutup untuk pengunjung karena pandemi Covid-19, dan tidak ada tamu yang diperbolehkan masuk kecuali petugas TMR.

Dengan begitu, Dokter hewan yang menangani Tino dan Hari, Drh Endah Rumiyati mengatakan, Tino dan Hari kemungkinan terpapar oleh perawat mereka yang kemungkinan lebih dulu terpapar Covid-19.

Tino dan Hari bisa saja terpapar saat mendapat perawatan dari petugas yang tidak tahu dirinya terpapar Covid-19, karena berstatus orang tanpa gejala (OTG).

"Dan memang sampai saat ini kami tetap melakukan tracing, karena perawat-perawat kami tidak ada yang menunjukan gejala sakit. tetapi kita tidak menutup kemungkinan kalau OTG ya," kata Endah dalam siaran video, Minggu (1/8/2021).

Oleh karena itu, Wiratno mengatakan, penting untuk melakukan tes swab antigen secara rutin terhadap petugas yang melakukan kontak langsung dalam pengelolaan dan perawatan satwa, serta petugas yang melakukan kegiatan penyelamatan satwa.

"Terhadap petugas yang setiap hari harus melakukan kontak dengan satwa, maka perlu dilakukan test swab PCR secara rutin," kata dia.

Baca juga: Infeksi Covid-19 pada Hewan, Begini Penjelasan Para Ilmuwan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com