Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Alaska Diguncang Gempa M 7,8 Tak Berpotensi Tsunami di Indonesia

Kompas.com - 29/07/2021, 17:22 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Gempa tektonik berkekuatan magnitudo M 7,8 mengguncang wilayah Pantai Alaska. Alaska diguncang gempa bumi pada pukul 13.15 WIB, Kamis (29/7/2021) dan tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya.

Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempabumi ini berkekuatan M=7,8 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi  Mw=8,1.

Bambang menyampaikan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 55,77 derajat LU dan 157,97 derajat BB. Lokasi tepatnya berada di di Alaska Peninsula, Amerika Utara pada kedalaman 36 km.

Dijelaskan Bambang, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Alaska yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas pada lempeng Alaska.

Hasil analisis mekanisme sumber gempa menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Baca juga: Alaska Diguncang Gempa M 7,5 Tsunami Rendah sampai di Utara Papua

 

Diketahui pula bahwa hasil monitoring BMKG hingga pukul 16.00 WIB, Kamis (29/7/2021), telah terjadi 3 kali aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock. Pantai Alaska diguncang gempa susulan dengan magnitudo M=6,3; M=5,8; dan M=4,9.

Sementara itu, Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa bumi ini berpotensi menimbulkan tsunami kurang dari 0,3 meter di wilayah Indonesia.

Namun, kata dia, pemantauan ketinggian muka air laut di sekitar pusat gempa tidak menunjukkan adanya kenaikan permukaan air laut.

Berdasarkan hasil pemodelan, tsunami akan tiba di wilayah Indonesia tepatnya di utara Papua pada tanggal 30 Juli 2021 pukul 00:10 WIB, dengan ketinggian tsunami yang tidak signifikan atau kurang dari 5 cm.

"Berdasarkan hasil pemodelan ini BMKG tidak mengeluarkan Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah Indonesia," jelasnya.

Oleh karena itu, terkait kawasan Pantai Alaska yang diguncang gempa bumi berkekuatan M 7,8, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: 4 Fakta Gempa Alaska, Pernah Terjadi hingga Picu Peringatan Tsunami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com