Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesian Insight Kompas
Kelindan arsip, data, analisis, dan peristiwa

Arsip Kompas berkelindan dengan olah data, analisis, dan atau peristiwa kenyataan hari ini membangun sebuah cerita. Masa lalu dan masa kini tak pernah benar-benar terputus. Ikhtiar Kompas.com menyongsong masa depan berbekal catatan hingga hari ini, termasuk dari kekayaan Arsip Kompas.

10 Sebab Pengobatan Tidak Berhasil atau Tak Kunjung Bikin Sembuh

Kompas.com - 19/07/2021, 14:38 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

MARI melipir sejenak dari topik khusus seputar pandemi. Kita bahas lagi hal-hal dasar soal kesehatan, salah satunya tentang pengobatan.

Kita mungkin pernah mengalami sendiri atau mendengar kisah tentang pengobatan yang tak mengembalikan kesehatan. Jangan bicara takdir ya. Ini di ranah usaha manusia saja. 

Sudah berganti-ganti dokter, pakai segala referensi, mungkin kita pernah mengalami atau mendengar kisah penyakit yang kambuh-kambuhan atau malah kondisi tak kunjung membaik. 

Mengulik arsip harian Kompas, ada sebuah tulisan menarik dari Nd Goen S tentang fenomena ini, dalam judul Beberapa Sebab Mengapa Pengobatan Tak Berhasil.

Tampilan tangkap layar artikel Beberapa Sebab Mengapa Pengobatan Tak Berhasil di harian Kompas edisi 1 Juli 1965ARSIP KOMPAS Tampilan tangkap layar artikel Beberapa Sebab Mengapa Pengobatan Tak Berhasil di harian Kompas edisi 1 Juli 1965

 

Tayang di harian Kompas edisi 1 Juli 1965, lugas sekali penulis ini meringkaskan hal-hal dasar yang bisa jadi merupakan sebab mendasar dari pengobatan yang tak memulihkan kesehatan.

Apakah masih relevan? Coba dilanjut dan dicek sendiri rincian Goen. 

Goen menyebut ada setidaknya sepuluh sebab pengobatan tak menyembuhkan. Berikut ini adalah intisarinya:

 1. Terlambat berobat

Goen menyebut, ini kerap jadi penyebab terbanyak dari pengobatan yang tak memberi hasil sesuai harapan. 

"Dapat karena kesibukan pekerjaan sehari-hari, dapat pula karena kurangnya pengertian akan nilai kesehatan," tulis Goen.

Dalam kasus begini, pengobatan menjadi langkah yang tak cepat atau tak mampu mengobati karena kondisi penyakit sudah terlanjur memburuk atau berat. 

"Setelah timbul penyulit-penyulit (komplikasi-komplikasi) atau meningkat pada kondisi menahun (kronis), pengobatan menjadi lebih sulit, sering butuh waktu lebih lama, dan cara perawatan lebih ruwet," ungkap dia.

2. Terlalu cepat menghentikan konsumsi obat

Goen menyodorkan kasus infeksi pernapasan, sebagai ilustrasi yang banyak terjadi untuk poin ini.

Banyak orang tampaknya cenderung merasa sudah membaik bahkan pulih setelah menjalani 40 jam pengobatan. Demam dan batuk berkurang atau malah hilang, misalnya.

"Merasa sudah sembuh, penderita menghentikan pengobatan. Tapi dalam waktu dekat penyakitnya akan timbul lagi karena sebenarnya belum sama sekali lenyap," tulis Goen.

3. Belum ketemu obat yang tepat

Pada prinsipnya, tidak ada obat yang bisa mengobati segala penyakit. Itu pesan utama Goen buat poin ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com