Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Ungkap Daftar Wilayah Berpotensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Kompas.com - 16/07/2021, 14:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa dalam sepekan ke depan, sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem yang dimaksudkan berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, serta gelombang tinggi.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan berupa hujan secara sporadis, lebat, dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es," kata Guswanto, selaku Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Jumat (16/7/2021).

Guswanto menegaskan, potensi cuaca ekstrem di Indonesia ini perlu diwaspadai karena memiliki peluang dan berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

Di antaranya seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, BMKG Juga Prediksi Awan Cumulonimbus di Wilayah Ini

 

Penyebab cuaca ekstrem

Berdasarkan hasil analisis BMKG, terkait potensi cuaca ekstrem di Indonesia, menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia.

Selain itu, terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dapat mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Berdasarkan analisis terhadap perkembangan dinamika atmosfer tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah," ujarnya.

Adapun daftar wilayah di Indonesia menurut BMKG yang berpeluang mengalami cuaca ekstrem, dari hujan intensitas sedang hingga lebat adalah sebagai berikut.

Baca juga: Daftar Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com