Ahli Ungkap 14 Kerabat Leonardo da Vinci yang Masih Hidup

Kompas.com - 15/07/2021, 19:30 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Peneliti berhasil mengungkap silsilah keluarga Leonardo da Vinci, pelukis, ilmuwan, dan filsuf asal Italia di masa Renaisans.

Bahkan, studi yang dilakukan oleh Alessandro Vezzosi dan Agnese Sabato ini menyebut, jika 14 orang keturunannya masih hidup hingga sekarang.

Peneliti mengungkap pohoh keluarga Leonardo, setelah melakukan penelusuran dalam rentang 690 tahun yang mencakup 21 generasi.

Baca juga: Punya Masalah Ini, Leonardo Da Vinci Tak Rampungkan Lukisan Mona Lisa

Tim peneliti berharap, dengan temuan itu dapat merekonstruksi genom Leonardo dan dapat mengeksplorasi akar kejeniusan serta keanehannya.

Leonardo diketahui kidal dan memiliki sinestesia, kemampuan langka yang membuat seseorang dapat merasakan warna.

Bukti genetik juga dapat membantu para ilmuwan menentukan apakah jenazah yang terkubur di Amboise, Prancis, benar-benar milik Leonardo.

Mengutip Smithsonian, Kamis (15/7/2021) menelusuri daftar kerabat Leonardo adalah pekerjaan yang memakan waktu dan rumit.

Ilmuwan dan seniman ini lahir di luar nikah dari pasangan Ser Piero, seorang notaris Florentine, dan Caterina, seorang wanita petani muda, pada tahun 1452. Secara keseluruhan, Leonardo memiliki sekitar 22 saudara tiri, termasuk 17 dari hubungan lain ayahnya.

Leonardo sendiri tidak pernah menikah atau memiliki anak, dan karena itu ia tidak memiliki keturunan langsung.

Dalam studi ini, peneliti menggunakan dokumen sejarah untuk membuat peta patrilineal dari lima cabang yang dilacak dari ayah Leonardo, Ser Piero serta saudara tirinya, Domenico.

Usaha tak sia-sia, hasil identifikasi akhirnya menemukan kerabat Leonardo yang masih hidup.