Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Syarat Donor Plasma Konvalesen dan Cara Menjadi Donor

Kompas.com - 11/07/2021, 20:51 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda telah sepenuhnya pulih dari Covid-19, Anda mungkin dapat membantu pasien Covid-19 yang saat ini memerangi infeksi dengan menyumbangkan plasma Anda.

Konvalesen mengacu pada siapa saja yang pulih dari penyakit. Sementara, plasma adalah bagian darah berwarna kuning dan cair yang mengandung antibodi. Dan antibodi adalah protein yang dibuat oleh tubuh sebagai respons terhadap infeksi.

Plasma konvalesen dari pasien yang telah pulih dari penyakit Covid-19, kemungkinan mengandung antibodi terhadap Covid-19.

Baca juga: Terapi Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19, Kapan Waktu Terbaik Digunakan?

Karena Anda berhasil melawan infeksi, plasma Anda sekarang mengandung antibodi Covid-19. Antibodi ini memberikan satu cara bagi sistem kekebalan Anda untuk melawan virus ketika Anda sakit, sehingga mendonorkan plasma konvalesen Anda kemungkinan dapat membantu orang lain melawan penyakit Covid-19 dan membantu mereka pulih.

Berdasarkan bukti ilmiah yang tersedia, Food and Drug Administration (FDA) menyimpulkan plasma konvalesen kemungkinan efektif dalam membantu mengobati Covid-19.

Selain itu, manfaat yang diketahui dan potensial dari plasma konvalesen lebih besar daripada risiko yang diketahui dan potensial dari produk tersebut pada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Saat ini, orang yang telah pulih sepenuhnya dari Covid-19 selama setidaknya dua minggu, didorong untuk mempertimbangkan untuk menyumbangkan plasma, yang dapat membantu menyelamatkan nyawa pasien Covid-19 lain.

Meski demikian, plasma konvalesen Covid-19 hanya boleh didapatkan dari individu yang pulih, jika mereka memenuhi syarat untuk mendonorkan darah.

Melansir laman resmi FDA, tes laboratorium (tes swab PCR) negatif untuk penyakit Covid-19 aktif, tidak diperlukan untuk memenuhi syarat untuk donasi.

Calon donor plasma konvalesen yang pulih harus memiliki diagnosis Covid-19 sebelumnya, yang telah didokumentasikan oleh tes laboratorium dan memenuhi kualifikasi donor lainnya.

Syarat donor plasma konvalesen

Menurut informasi di laman plasmakonvalesen.covid19.go.id, ada beberapa syarat menjadi donor plasma konvalesen :

- Usia 18-60 tahun

- Berat badan ≥ 55kg

- Diutamakan pria, apabila perempuan belum pernah hamil

- Pernah terkonfirmasi Covid-19 dengan surat keterangan sembuh dari dokter yang merawat

- Bebas keluhan minimal 14 hari

- Tidak menerima transfuse darah selama 6 bulan terakhir

- Lebih diutamakan yang pernah mendonorkan darah

Baca juga: Begini Risiko, Prosedur, dan Hasil Terapi Plasma Konvalesen untuk Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com