Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Baru, Mikroba dalam Perut Sapi Bantu Daur Ulang Plastik

Kompas.com - 06/07/2021, 10:03 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Plastik terkenal sulit diurai. Namun kini peneliti menemukan satu lagi cara yang dapat membantu mengurangi permasalahan limbah plastik.

Peneliti dalam studi terbaru ini menemukan bahwa mikroba dalam perut hewan berkuku, salah satunya sapi, dapat membantu untuk mendaur ulang plastik.

Mikroba tersebut menurut peneliti dapat melahap jenis plastik tertentu, termasuk polietilen tereftalat (PET) yang digunakan dalam botol soda, kemasan makanan, dan kain sintetis.

Baca juga: Habiskan Banyak Waktu dengan Manusia, Otak Sapi Jadi Menyusut

Mengutip Phys.org, Senin (5/7/2021) peneliti menuduga bahwa bakteri dalam kotoran sapi dapat digunakan untuk mendaur ulang plastik karena makanan sapi sudah mengandung poliester tumbuhan alami.

"Komunitas mikroba besar hidup di retikulum rumen (salah satu dari kompartemen perut sapi) dan bertanggung jawab atas pencernaan makanan pada hewan," ungkap Dr. Doris Ribitsch, peneliti dari University of Natural Resources and Life Sciences, Wina.

"Dan kami menduga bahwa ini juga dapat digunakan untuk hidrolisis poliester atau sejenis reaksi yang menghasilkan dekomposisi," tambahnya.

Dengan kata lain, mikroorganisme ini sudah dapat memecah bahan serupa sehingga peneliti berpikir bahwa mikroba ini mungkin juga dapat memecah plastik.

Dalam studinya itu, peneliti melakukan eksperimen terhadap tiga jenis poliester yakni:

  • Polietilen tereftalat (PET), yang biasa digunakan dalam tekstil dan kemasan,
  • Plastik biodegradable yang sering digunakan dalam kantong plastik kompos (polybutylene adipate terephthalate, PBAT),
  • Bahan biobased (Polyethylene furanoate, PEF) yang terbuat dari sumber daya terbarukan.

Sementara itu peneliti mencari cairan perut sapi untuk mendapatkan mikroba dari rumah jagal di Austria.

Mereka kemudian menginkubasi cairan dengan tiga jenis plastik di atas untuk memahami seberapa efektif plastik akan terurai. Hasilnya, ketiga plastik dapat diurai oleh mikroorganisme dari perut sapi secara lebih efektif.

Baca juga: Perbandingan Nutrisi Susu Kambing, Susu Sapi, dan Susu Nabati

Mengutip Live Science, ke depan Ribitsch menyebut bahwa ia bersama timnya ingin meneliti lebih lanjut bakteri pemakan plastik dalam cairan perut sapi dan menentukan secara spesifik enzim yang digunakan bakteri untuk memecah plastik.

Jika peneliti dapat mengidentifikasi enzim yang berpotensi untuk mendaur ulang maka mereka dapat merekayasa secara genetik mikroba dalam jumlah besar tanpa perlu mengumpulkan langsung dari perut sapi.

Dengan cara ini, enzim dapat diproduksi dengan mudah dan murah untuk digunakan dalam skal industri.

Temuan dipublikasikan dalam Frontiers in Bioengineering and Biotechnology.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com