Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baik, Vaksin Johnson & Johnson Beri Perlindungan dari Varian Delta

Kompas.com - 02/07/2021, 11:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber REUTERS


KOMPAS.com - Vaksin Johnson & Johnson menunjukkan harapan terhadap perlindungan dari varian Delta. Kabar baik dari vaksin dosis tunggal ini juga menunjukkan respons kekebalan yang bisa bertahan lama.

Hal itu disampaikan Johnson & Johnson pada, Kamis (1/7/2021), seperti dilansir dari Reuters.

Perusahaan farmasi ini mengatakan bahwa satu suntikan vaksin Covid-19 yang mereka kembangkan itu, menunjukkan harapan kuat terhadap varian Delta dan galur varian virus corona lain yang muncul.

Selain itu, vaksin Johnson & Johnson atau vaksin Janssen ini dapat memberikan perlindungan yang tahan lama terhadap infeksi yang lebih luas.

Baca juga: Vaksin Dosis Tunggal Johnson & Johnson Disetujui WHO, Efektif 66 Persen

 

Data menunjukkan bahwa daya tahan respons imun pada penerima vaksin Johnson & Johnson setidaknya berlangsung selama 8 bulan, memberikan perlindungan dari infeksi Covid-19 varian Delta.

Perusahaan itu juga mengatakan bahwa vaksinnya 85 persen efektif dan juga dapat membantu mencegah rawat inap dan kematian.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian Delta pertama kalinya teridentifikasi di India menjadi varian virus corona yang dominan secara global.

Mathai Mammen, kepala penelitian dan pengembangan di bisnis obat-obatan J&J mengatakan data saat ini, selama 8 bulan yang dipelajari sejauh ini menunjukkan bahwa vaksin Johnson & Johnson dosis tunggal menghasilkan perlindungan atau respons antibodi penetralisir yang kuat dan tidak berkurang, bahkan terhadap varian Delta.

Baca juga: FDA Resmi Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Johnson & Johnson Dosis Tunggal

Halaman:
Sumber REUTERS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com