Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Terinfeksi Covid-19 Tak Sebanding dengan Efek Vaksinasi, Ahli Imbau Jangan Tunda Vaksin

Kompas.com - 29/06/2021, 20:17 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Vaksin Covid-19 merupakan salah satu kunci memperlambat penyebaran virus corona. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang enggan untuk divaksinasi Covid-19, entah itu karena alasan takut jarum suntik, takut efek samping vaksin, atau ingin memilih vaksin tertentu.

Namun faktanya, virus corona bisa menyerang kapan saja. Apalagi, saat ini virus corona varian delta disebut WHO sebagai jenis virus corona tercepat dan terkuat.

Tak hanya itu, varian ini juga memiliki kemampuan menginfeksi banyak orang, terutama di negara atau daerah dengan tingkat vaksinasi Covid-19 yang rendah.

Baca juga: IDAI Setujui Vaksin CoronaVac untuk Anak, Begini Hasil Keamanan Uji Klinis Fase 1 dan 2

Bahkan, berdasarkan analisis data yang dilakukan Associated Press, hampir semua kasus kematian akibat Covid-19 sekarang ini, terjadi pada orang yang belum divaksinasi Covid-19.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Priyama dr. Hendra Gunawan, Sp.PD mengatakan, bahwa semua vaksin yang tersedia saat ini efektif terhadap virus corona varian delta, sehingga tak perlu pilih-pilih vaksin atau menunggu vaksin yang belum tersedia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sama seperti setiap pengobatan yang memiliki berbagai efek samping, vaksin juga memiliki efek samping ringan hingga fatal. Namun, risiko efek samping yang fatal sangat kecil.

“Sebagai contoh, penelitian Black dkk tahun 2003 melaporkan, bahwa insiden penurunan trombosit pada anak yang diimunisasi MMR adalah 1:25.000. Insidens ini tentu tidak sebanding dengan manfaat yang didapat, yaitu proteksi terhadap 3 jenis virus yang berpotensi menyebabkan morbiditas dan mortalitas,” jelas dr. Hendra kepada Kompas.com.

Demikian juga efek samping pada vaksin Covid-19. Laporan mengenai efek samping yang fatal dan diduga akibat vaksinasi masih didalami lebih lanjut hingga saat ini. Sehingga, belum dapat dipastikan, apakah benar disebabkan oleh vaksin Covid-19.

Sementara seperti yang telah kita ketahui, infeksi Covid-19 bisa menyebabkan gejala parah hingga risiko kematian.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin Covid-19

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com