Lawan Virus Corona, Peneliti Korea Selatan Coba Gunakan Bakteri

Kompas.com - 22/06/2021, 16:10 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Komunitas ilmiah dunia terus mencari cara untuk melawan pandemi virus corona. Seperti yang tengah dilakukan peneliti di Korea Selatan berupaya mencari obat untuk melawan Covid-19.

Studi ini dilakukan peneliti dari Yonsei University, Korea Selatan, dengan cara mengeksplorasi ekosistem mikroba, yakni bakteri dalam usus manusia.

Para peneliti di kampus ini telah menemukan bahwa bakteri komensal tertentu yang berada di usus manusia dapat menghasilkan senyawa yang bisa menghambat infeksi virus corona SARS-CoV-2.

Penelitian ini dipresentasikan di World Microbe Forum, pertemuan daring American Society for Microbiology (ASM), Federation of European Microbiological Societies (FEMS), dan beberapa masyarakat lain yang akan berlangsung online pada 20-24 Juni.