Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Virus Corona, Peneliti Korea Selatan Coba Gunakan Bakteri

Kompas.com - 22/06/2021, 16:10 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Komunitas ilmiah dunia terus mencari cara untuk melawan pandemi virus corona. Seperti yang tengah dilakukan peneliti di Korea Selatan berupaya mencari obat untuk melawan Covid-19.

Studi ini dilakukan peneliti dari Yonsei University, Korea Selatan, dengan cara mengeksplorasi ekosistem mikroba, yakni bakteri dalam usus manusia.

Para peneliti di kampus ini telah menemukan bahwa bakteri komensal tertentu yang berada di usus manusia dapat menghasilkan senyawa yang bisa menghambat infeksi virus corona SARS-CoV-2.

Penelitian ini dipresentasikan di World Microbe Forum, pertemuan daring American Society for Microbiology (ASM), Federation of European Microbiological Societies (FEMS), dan beberapa masyarakat lain yang akan berlangsung online pada 20-24 Juni.

Baca juga: WHO: Varian Lambda Memiliki Beberapa Mutasi Virus Corona

 

Temuan klinis sebelumnya menunjukkan, beberapa pasien dengan Covid-19 sedang hingga berat memiliki gejala gastrointestinal.

Sedangkan, sebagian pasien Covid-19 lainnya menunjukkan infeksi virus corona hanya pada paru-paru.

"Kami bertanya-tanya apakah apakah bakteri penghuni usus dapat melindungi dari invasi virus," kata Mohammed Ali, mahasiswa kedokteran di Yonsei University, Korea Selatan.

Untuk menyelidiki hipotesis ini, para peneliti menyaring bakteri dominan yang menghuni usus untuk diuji apakah dapat melawan virus corona SARS-CoV-2.

Baca juga: Studi: Varian Alpha dan Beta Tidak Sebabkan Viral Load Virus Corona Tinggi

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com