Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LIPI Temukan Spesies Baru Katak di Area Freeport

Kompas.com - 14/06/2021, 16:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Studi terbaru melaporkan, adanya spesies katak baru ditemukan oleh peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di area PT Freeport Indonesia (PTFI).

Oleh para peneliti, spesies katak baru ini diberi nama, Litoria lubisi.

Penemuan ini telah dipublikasikan secara resmi di jurnal internasional Zootaxa 4903 (1): 117 – 126. 

Spesies yang ditemukan merupakan sejenis katak pohon hijau besar yang merupakan anggota keluarga Litoria infratrenata.

Baca juga: 11 Spesies Baru Tumbuhan Baru Indonesia, dari Anggrek hingga Kantong Semar

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, nama "lubisi" diambil dari Dr. Rusdian Lubis yang waktu itu menjabat sebagai Senior VP untuk bidang lingkungan dan keselamatan kerja PTFI. 

Penemuan spesies ini menambah daftar panjang penemuan spesies baru di area kerja PTFI sejak penelitian keanekaragaman hayati dilakukan pada tahun 1997.

Sejarah panjang penemuan katak Litoria lubisi

Penelitian terhadap Litoria lubisi ini sudah dilakukan sejak tahun 2006 oleh dua penulis dan peneliti, yakni Stephen Richards dari South Australian Museum dan seorang peneliti independen Burhan Tjaturadi.

Burhan diketahui telah bekerja di Tanah Papua sejak tahun 1999 saat bergabung dengan WWF dan Conservation International. 

Keduanya melakukan penelitian keanekaragaman hayati di hutan rawa sagu di selatan Timika, Papua, dan berhasil mengumpulkan satu spesimen dari spesies tambahan yang menunjukkan atribut morfologi dari grup Litoria infratrenata. 

Penelitian ini kemudian dilanjutkan oleh tim peneliti LIPI, yaitu Mumpuni, Hellen Kurniati, dan Evy Arida. 

Setelah melalui penelitian selama 15 tahun, akhirnya tim peneliti dapat mengonfirmasi bahwa spesies yang diteliti merupakan spesies baru yang belum pernah dicatat dalam silsilah taksonomi. 

Penelitian ini memakan waktu yang cukup lama karena harus melalui beberapa tahap identifikasi dan verifikasi. 

Spesies baru katak ditemukan di area PT Freeport Indonesia. Bersama para pakar nasional dan internasional, PT Freeport Indonesia terus menjalankan program pemantauan lingkungan yang mencakup survei flora dan fauna secara ekstensif di dalam berbagai rentang habitat berbeda.
LIPI Spesies baru katak ditemukan di area PT Freeport Indonesia. Bersama para pakar nasional dan internasional, PT Freeport Indonesia terus menjalankan program pemantauan lingkungan yang mencakup survei flora dan fauna secara ekstensif di dalam berbagai rentang habitat berbeda.

Hasil penemuan ini pun telah dicatat dan dipublikasikan dalam jurnal internasional Zootaxa yang sekaligus mengkonfirmasi sebagai spesies baru.

"Salah satu tantangan utama kami dalam melakukan penelitian ini adalah medan yang cukup sulit," kata Burhan, peneliti independen yang terlibat dalam penelitian ini.

Burhan menambahkan, untuk ke depannya, berharap dapat melanjutkan kerjasama dengan PTFI untuk terus menyibak kekayaan alam yang ada di Papua dan memajukan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com