Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kambing Pertama Kali Dijinakkan 10.000 Tahun Lalu di Iran Barat

Kompas.com - 09/06/2021, 08:00 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Studi terbaru mengungkap, kambing sudah didomestikasi atau dijinakkan sejak 10.000 tahun yang lalu di daerah pegunungan Zagros yang saat ini disebut Iran Barat.

"Kami memiliki deretan data arkeologi dan genetik yang tampaknya menunjukkan bahwa kita memiliki populasi pertama kambing yang diternakkan pada 10.000 tahun yang lalu," kata Kevin Daly dari Trinity College Dublin di Irlandia, seperti dikutip dari New Scientist, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Tulang Berusia 6000 Tahun Ungkap Domestikasi Anjing di Arab

Temuan tersebut berdasarkan pemeriksaan fosil kambing yang terawetkan dari dua situs di pegunungan Zagros, yakni Ganj Dareh dan Tepe Abdul Hosein.

Penggalian di kedua situs itu sudah dilakukan selama beberapa dekade. Hasilnya, kedua situs tersebut pernah dihuni manusia antara 8200 dan 7600 SM.

Dari pemeriksaan itu, para peneliti memperoleh DNA dari bagian kambing yang berupa 14 genom inti serta 32 genom mitokondria yang hanya diwarisi dari induk hewan.

Daly dan timnya menemukan bahwa kambing membentuk dua kelompok yang berbeda. Satu terkait erat dengan kambing domestik modern sementara yang lain dengan kambing liar modern.

Itu artinya domestikasi telah berlangsung jauh di luar kambing yang hanya dipelihara. Sementara kambing jenis liar kemungkinan besar diburu.

"Ini adalah bukti genetik paling awal dari domestikasi kambing," ungkap Daly.

Lebih lanjut menurut Daly, kambing dan domba menjadi hewan yang didomestikasi setelah anjing. Setelah itu menyusul sapi dan babi.

Daly mengungkap domba dan kambing mendahului domestikasi sapi dan babi karena ukurannya yang lebih kecil. Hal tersebut menjadikannya sebagai hewan yang lebih mudah dikendalikan.

"Sapi jelas jauh lebih besar dan lebih berbahaya, begitu juga babi hutan," tambah Daly.

Baca juga: Membeku 400 Tahun, Mumi Kambing Ini Bakal Jadi Bahan Studi

Bukti domestikasi kambing sebelumnya juga pernah diketahui di Asia Barat atau Eropa Timur yang berlangsung pada 8000 SM.

Bukti arkeologi menunjukkan di beberapa lokasi, kambing jantan dibunuh secara selektif pada usia muda. Hal tersebut menunjukkan bahwa kambing dipelihara di kandang daripada diburu di alam liar.

Bukti lain juga ditemukan di wilayah Turki, di mana urin kambing meninggalkan jejak kimiawi di tanah tempat hewan tersebut dipelihara.

Studi ini telah dipublikasikan di PNAS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com