Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Jaga Kebersihan Menstruasi, Ganti Pembalut Minimal 4 Jam Sekali

Kompas.com - 30/05/2021, 18:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Para ahli mengingatkan agar perempuan tidak menganggap kebersihan menstruasi sebagai hal yang biasa saja karena rutinitas bulanan.

Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Prof Dr dr Dwiana Ocviyanti SpOG(K) MPH mengatakan, menjaga atau manajemen kebersihan menstruasi (MKM) penting dilakukan karena pada saat haid risiko infeksi di bagian vagina meningkat.

"Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina. (Ini) akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid," kata Prof Dwiana dalam diskusi daring bertajuk Sehat dan Bersih Saat Menstruasi oleh Betadine, Kamis (28/5/2021).

Dengan begitu, kata dia, penting sekali bagi perempuan untuk menerapkan MKM di antaranya membersihkan vagina secara benar, teliti, dan berkala.

Baca juga: Untuk Ibu, Penting Ajarkan Soal Menstruasi pada Anak Perempuan

Tips menjaga kebersihan menstruasi

Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan perempuan untuk membersihkan area vagina dengan benar saat menstruasi yakni sebagai berikut.

1. Cuci vagina menggunakan air bersih secara berkala

Saat menstruasi, sebaiknya secara berkala perempuan harus membersihkan vagina dengan air bersih yang mengalir.

Prof Dwiana mengatakan, membersihkan vagina juga dapat ditambahkan dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina Anda.

"Bersihkan (vagina) menggunakan air bersih mengalir, dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi," jelasnya.

2. Gunakan pembalut bersih

Saat mengalami menstruasi, pastinya menggunakan pembalut yang bersih untuk dapat menahan darah yang keluar dari vagina.

Berkaitan dengan hal ini, prof Dwiana menegaskan untuk benar-benar memilih pembalut yang benar-benar bersih dan dapat menyerap darah haid dengan baik.

"Sebenarnya tidak ada pembalut yang menyebabkan kanker, semua pembalut itu aman. Asalkan dijaga kebersihannya," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com