Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Klarifikasi BMKG Soal SMS Gempa M 8,5 | Cara Memahami Matematika

Kompas.com - 28/05/2021, 07:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kemarin pagi sekitar pukul 10.36 WIB, BMKG melalui SMS blast KominfoBMKG menginformasikan adanya prediksi gempa M 8,5 dan peringatan dini tsunami di wilayah Bali, NTT, NTB, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

BMKG mengklarifikasi bahwa informasi tersebut tidak benar karena terjadi kesalahan sistem.

Beredarnya SMS BMKG pun menjadi perhatian di dunia maya dan pembaca Sains Kompas.com edisi Kamis (27/5/2021) hingga Jumat (28/5/2021).

Selain SMS BMKG, berita populer lainnya adalah tentang temuan 6 lubang pengorbanan berisi 500 artefak yang menjadi petunjuk jejak ritual Kerajaan China kuno.

Kemudian fakta gerhana bulan total hingga cara meningkatkan kemampuan anak di bidang matematika menjadi berita pilihan lainnya.

Baca juga: [POPULER SAINS] Gerhana Bulan Total saat Waisak, Terjadi Tiap 195 Tahun | Ikan Zaman Dinosaurus Hidup di Madagaskar

Berikut ulasannya:

Kesalahan sistem SMS BMKG

Ilustrasi gempaSHUTTERSTOCK/Andrey VP Ilustrasi gempa

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menegaskan bahwa SMS Blast yang menyebutkan perkiraan akan adanya gempa bermagnitudo 8,5 itu adalah tidak benar atau hoaks.

Hal ini ditegaskan Bambang menyikapi tersebarnya informasi gempabumi berkekuatan M 8,5 dan berpotensi Tsunami di Jawa Timur, NTB, Bali, NTT dan Jawa Tengah yang tersebar melalui saluran komunikasi SMS KominfoBMKG pada hari Kamis 27 Mei 2021 sekitar pukul 10.36 WIB.

Beredarnya pesan singkat ini pun membuat banyak warganet panik.

"BMKG menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar, karena telah terjadi kesalahan pada sistem pengiriman informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami yang melalui kanal SMS," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/5/2021).

Baca klarifikasi BMKG selengkapnya di sini:

BMKG: SMS Berisi Gempa M 8,5 Tidak Benar, Ada Kesalahan Sistem

Jejak ritual Kerajaan China kuno

Para arkeolog menemukan 6 lubang pengorbanan yang berisi sekitar 500 artefak termasuk topeng emas dan perunggu di situs Sanxingdui, China. Temuan ini diyakini sebagai bukti pengorbanan Kerajaan China kuno.Xinhua News/Twitter Para arkeolog menemukan 6 lubang pengorbanan yang berisi sekitar 500 artefak termasuk topeng emas dan perunggu di situs Sanxingdui, China. Temuan ini diyakini sebagai bukti pengorbanan Kerajaan China kuno.

Para arkeolog telah menemukan enam lubang pengorbanan yang berisi sekitar 500 artefak, termasuk topeng emas dan perunggu di situs Sanxingdui.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com