Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghilangkan Kesemutan yang Perlu Anda Ketahui

Kompas.com - Diperbarui 17/07/2022, 15:17 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Kesemutan dijelaskan sebagai sensasi seperti ditusuk-tusuk, geli, atau hilang rasa pada bagian tubuh tertentu. Biasanya Anda akan merasakan kesemutan ketika Anda duduk sambil menyilangkan kaki atau tidur terlalu lama sambil menimpa bagian tubuh Anda.

Kesemutan paling sering terjadi pada tangan dan kaki. Kesemutan adalah mekanisme tubuh untuk mengirim sinyal ke otak ada bagian tubuh yang membutuhkan aliran darah dan oksigen.

Kesemutan terjadi karena aliran darah ke saraf terhenti. Kesemutan hanya akan berlangsung beberapa saat, dan akan sembuh sendiri ketika aliran darah ke saraf normal kembali.

Dilansir dari Health Line (20/5/2020), berikut cara mudah mengatasi kesemutan.

Baca juga: Djaduk Ferianto Sempat Mengeluh Kesemutan di Tubuh, Apa yang Terjadi?

Hilangkan tekanan

Hilangkan tekanan pada area tubuh yang terkena kesemutan. Pastikan tidak ada yang menghalangi aliran darah menuju bagian tubuh tersebut.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan misalnya mengganti posisi tidur, berhenti menyilangkan kaki, berdiri dan menggerakan kaki sejenak, melepaskan pakaian yang terlalu ketat, dan aksi lain yang bisa menghilangkan tekanan pada anggota tubuh Anda.

Dengan mengembalikan aliran darah, dalam waktu beberapa saat, kesemutan yang Anda rasakan akan menghilang.

Menggerakkan anggota badan

Dengan bergerak melakukan sedikit peregangan atau berjalan kaki di sekitar meja Anda, Anda bisa mengembalikan aliran darah ke seluruh tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengepalkan dan melepaskan genggaman tangan Anda.

Jika yang terasa kesemutan adalah kaki Anda, cobalah menggerakan jari-jari kaki Anda. Ini akan memicu aliran darah ke seluruh bagian kaki Anda.

Peregangan leher dan punggung

Peregangan pada bagian leher dan punggung bisa membantu melancarkan peredaran darah ke tangan dan kaki Anda. Anda bisa menggerakkan kepala Anda ke kanan dan kiri.

Cek ukuran sepatu

Beberapa orang kadan tidak menyadari bahwa sepatu yang mereka gunakan terlalu sempit dan bisa menyebabkan ksesemutan. Selain itu, memakai stocking yang terlalu ketat setiap hari juga bisa memicu kesemutan pada kaki Anda.

Dipijat

Mendapatkan pijatan pada tubuh Anda akan melancarkan peredaran daran dan mencegah terjadinya kesemutan. Tidak hanya menghilangkan kesemutan, dipijat akan membuat tubuh dan pikiran juga akan terasa lebih segar dan rileks setelah mendapatkan pijatan di seluruh tubuh.

Baca juga: Awas, Kelamaan Main Gadget Bisa Picu Kram, Kebas, dan Kesemutan

Kapan harus ke dokter

Pada dasarnya, kesemutan bukanlah kondisi yang serius atau perlu mendapatkan perhatian khusus. Namun jika Anda mengalami kesemutan terus menerus atau terlalu sering, sebaiknya Anda konsultasikan kondisi ini ke dokter.

Beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan Anda kesemutan terus menerus, antara lain diabetes, kemoterapi, konsumsi obat-obatan untuk mengatasi kejang, obat-obatan HIV, saraf kejepit pada tulang belakang atau leher, kerusakan saraf akibat trauma atau kecelakaan, ensefalitis, dan sindrom Raynaud.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com