Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Meningkatkan Imun, Supaya Tidak Gampang Sakit

Kompas.com - 15/05/2021, 11:01 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Sistem imun adalah sistem yang sangat kompleks yang berfungsi untuk melawan patogen dalam tubuh, seperti bakteri dan virus.

Sistem imun merupakan hasil dari beberapa sistem yang bekerja secara sinergi untuk melindungi tubuh kita. Berbagai sistem yang terlibat harus befungsi dengan seimbang agat imun dapat bekerja dengan optimal.

Dilansir dari Health Line (1/4/2020), berikut cara meningkatkan imun tubuh agar Anda tidak mudah sakit.

Konsumsi banyak buah dan sayuran

Memakan buah, sayur, kacang, dan biji sangat bermanfaat bagi tubuh. Makanan ini mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang bisa membantu tubuh Anda untuk melawan patogen yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Antioksidan mampu mengurangi inflamasi atau radang dalam tubuh Anda dengan melawan radikal bebas. Selain itu, serat juga baik untuk meningkatkan bakteri baik di saluran cerna Anda untuk mencegah masuknya patogen melalui saluran cerna.

Baca juga: Kebiasaan Konsumsi Makanan Tinggi Garam Terbukti Mengacaukan Kinerja Sel Imun

Konsumsi lemak baik

Inflamasi kronis bisa menyebabkan imun Anda menurun. Mengonsumsi lemak baik bisa meningkatkan imun Anda dengan mengurangi inflamasi. Contoh lemak baik yang bisa Anda konsumsi adalah minyak zaitun, minyak kelapa, salmon, dan alpukat.

Konsumsi makanan fermentasi atau suplemen probiotik

Makanan yang difermentasi kaya akan bakteri baik yang disebut probiotik yang baik untuk saluran cerna Anda. Contoh makanan fermentasi yang bisa Anda konsumsi adalah yoghurt, kimchi, kefir, dan tempe. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen probiotik.

Bakteri baik dalam saluran cerna Anda terbukti bisa membantu sistem imun untuk mampu membedakan sel sehat dan sel patogen yang berbahaya bagi tubuh,

Sebuah studi menunjukkan anak-anak yang rutin mengonsumsi yoghurt selama 3 bulan 20% lebih tahan terhadap penyakit infeksius dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi yoghurt secara rutin.

Jaga berat badan Anda

Sebuah studi menunjukkan bahwa pada orang yang sudah divaksin influenza, orang dengan obesitas tetap mengalami influenza dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidak obesitas.

Anda bisa menjaga berat badan Anda dengan olahraga teratur dan mengurangi asupan gula Anda. Selain meningkatkan imunitas, menjaga berat badan juga menghindarkan Anda dari berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup memiliki hubunga erat dengan imunitas. Sebuah studi yang dipublikasikan melalui NCBI tahun 2015 menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari lebih mudah terkena flu dibandingkan dengan orang yang tidur lebih dari 6 jam sehari.

Baca juga: 3 Herbal untuk Tingkatkan Imun Selama Puasa, Habbatussauda hingga Jahe

Tidur cukup setiap hari menguatkan sistem imun Anda. Jika Anda sedang sakit, Anda mungkin membutuhkan waktu tidur yang lebih lama agar sistem imun Anda bisa lebih maksimal untuk melawan penyakit di dalam tubuh Anda.

Hindari stress

Menghindari stress dan kecemasan adalah salah satu kunci untuk mendapatkan imun yang sehat. Stress yang berkepanjangan bisa menyebabkan radang pada sel tubuh dan membuat sistem imun tidak seimbang.

Anda bisa mencoba mengurangi stress dengan melakukan meditasi, olahraga, menulis jurnal, yoga, dan kegiatan lainnya. Anda bisa menemui konselor atau psikolog untuk membantu Anda mengelola stress.

Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan melakukan aktivitas, Anda akan bisa meningkatkan imun tubuh Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com