Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Gigi Bayi Tumbuh dan Hal yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 05/05/2021, 18:18 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Pertama bayi lahir, bayi belum memiliki gigi yang tumbuh. Namun, tahukah Anda kalau gigi bayi menunjukkan usia bayi serta kualitas asupan nutrisi saat ia di kandungan?

Gigi bayi, atau yang lebih dikenal dengan gisi susu, merupakan gigi yang pertama kali tumbuh sebelum digantikan dengan tumbuhnya gigi dewasa. Mengetahui kapan gigi bayi tumbuh sangat penting karena ini menunjukan salah satu aspek tumbuh kembang bayi.

Gigi pertama kali terbentuk benihnya saat masih di dalam perut ibu pada usia kehamilan 1-5 bulan. Pembentukan benih gigi ini bersamaan dengan perkembangan rahang pada janin. Maka dari itu, penting sekali menjaga asupan nutrisi sejak bayi masih di dalam kandungan.

Gigi susu yang normal berjumlah 20 gigi. 10 gigi di rahang atas dan 10 gigi di rahang bawah. Urutan jenis gigi dari tengah hingga ke belakang adalah gigi seri, gigi seri samping, taring, geraham pertama, dan geraham kedua.

Baca juga: Peneliti Temukan Cara Tumbuhkan Gigi Kembali, Seperti Apa?

Dilansir dari buku Wheeler’s Dental Anatomy, Physiology, and Occlussion: 10th edition, berikut kita simak kapan gigi bayi tumbuh sesuai urutan keluarnya.

Gigi seri

Gigi pertama yang tumbuh biasanya dua gigi seri atas dan dua gigi seri bawah. Gigi ini yang sering dikenal orang sebagai gigi kelinci. Keempat gigi ini akan tumbuh merobek gusi rata-rata pada usia bayi 6-12 bulan.

Gigi seri samping

Gigi yang selanjutnya tumbuh adalah dua gigi seri samping atas dan dua gigi seri samping bawah. Gigi-geligi ini akan muncul di usia bayi 9-16 bulan. Khusus jenis gigi ini, biasanya yang muncul duluan adalah gigi pada rahang atas. Kemudian dilanjutkan ke empat gigi geraham pertama, barulah tumbuh gigi seri samping rahang bawah.

Gigi geraham pertama

Keempat geraham pertama akan muncul pada usia bayi 13-19 bulan. Munculnya gigi geraham pertama ini biasanya akan berbarengan dengan gigi seri samping.

Gigi taring

Keempat gigi taring bayi akan tumbuh pada usia bayi 16-23 bulan. Sampai fase ini, bayi normalnya sudah memiliki 16 gigi yang tumbuh sempurna.

Geraham kedua

Gigi susu yang tumbuh paling terakhir adalah geraham kedua. Keempat gigi susu terakhir ini akan keluar pada usia bayi 23-33 bulan.

Dilansir dari Cleveland Clinic (22/10/2019), ada beberapa fakta unik mengenai tumbuhnya gigi geligi pada bayi. Pertama, aturan mudah untuk melihat tumbuhnya gigi adalah setiap 6 bulan sekali, terdapat 4 gigi yang erupsi atau tumbuh.

Kedua, kapan tumbuh gigi pada bayi perempuan biasanya lebih cepat daripada bayi laki-laki. Ketiga, Gigi yang tumbuh biasanya didahului oleh gigi di rahang bawah, baru dilanjutkan dengan tumbuhnya gigi rahang atas.

Keempat, gigi tumbuh di tiap rahang selalu berpasangan. Satu di sebelah kanan dan satu di sebelah kiri. Kelima, gigi pada bayi akan tumbuh sempurna pada usia 2,5-3 tahun, sebelum gigi-geliginya tanggal dan berganti dengan gigi dewasa pada usia 6-7 tahun.

Baca juga: Tanda-tanda Gigi Susu Anak Akan Tumbuh

Terakhir, gigi susu memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari gigi dewasa. Selain itu, warna gigi susu sangat putih dibandingkan gigi dewasa yang agak kekuningan. Warna gigi ini dipengaruhi kandungan kalsium dalam gigi. Gigi dewasa memiliki kandungan kalsium lebih tinggi dan lebih kuat sehingga gigi dewasa tampak lebih kekuningan daripada gigi susu.

Pada anak-anak, khususnya setelah melewati usia 3 tahun, sangat penting membiasakan anak untuk makan makanan bergizi dan dengan tekstur bervariasi dari lunak hingga keras.

Hal di atas akan bermanfaat untuk perkembagan rahang anak yang akan menyediakan ruang untuk gigi dewasa yang akan tumbuh pada usia 7 tahun. Rahang anak memerlukan ruang yang cukup mengingat ukuran gigi dewasa yang jauh lebih besar dari gigi susu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com