Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2021, 04:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Gulf News


KOMPAS.com- Meskipun berpuasa di bulan Ramadhan dilakukan tanpa makan dan minum, dari sebelum terbit fajar hingga matahari terbenam, namun apakah puasa bisa menurunkan berat badan?

Mungkin tampak seperti hal yang mustahil, tetapi bukan berarti puasa dan menurunkan berat badan tidak bisa dilakukan bersama.

Dibutuhkan strategi atau cara yang tepat untuk bisa melakukan keduanya, baik puasa maupun target menurunkan berat badan.

Perlu diingat bahwa bertambahnya berat badan adalah hasil dari konsumsi lebih banyak kalori, daripada kalori yang dibakar oleh tubuh.

Saat tiba waktu berbuka puasa atau iftar, dengan banyak makan, apalagi asupan makanan berlemak secara tiba-tiba, dapat menggagalkan target penurunan berat badan selama masa Ramadhan.

 

 

Baca juga: Bisakah Puasa Ramadhan Menurunkan Berat Badan?

 

Ahli gizi di American Wellness Center di Dubai, Feda Alkilani, mengatakan puasa Ramadhan pada dasarnya adalah jenis puasa intermiten. Tren baru dalam penurunan berat badan.

"Asalkan, Anda makan dengan jumlah dan kualitas yang tepat, penurunan berat badan tidak hanya dapat dilakukan, tetapi juga mudah dilakukan selama Bulan Suci ini," kata Alkilani, seperti dilansir dari Gulf News, Senin (19/4/2021).

Untuk diketahui, puasa intermiten adalah puasa yang fokus pada pola makan, saat Anda mengatur pola makan, waktu makan dan makanan yang dikonsumsi.

Berbeda dengan puasa Ramadhan, biasanya orang yang melakukan puasa intermiten untuk menurunkan berat badan, waktu konsumsi adalah 6-8 jam. Air dan minuman berkafein non-gula seperti kopi hitam dan teh, masih diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Baca juga: Berat Badan Naik Saat Puasa Ramadhan? Kenali Penyebabnya

Halaman:
Sumber Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com