Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Makemake, Planet Katai yang Bikin Pluto Bukan Lagi Planet

Kompas.com - 27/03/2021, 18:04 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebelum para astronom mengetahui adanya sebuah benda langit yang disebut Makemake (saat ini), Pluto dikenal sebagai planet ke sembilan setelah Neptunus.

Namun, ketika para astronom menemukan benda langit 2005 FY9 pada tahun 2005, yang kemudian diganti namanya menjadi Makemake pada 2008; Pluto dihilangkan dari kategori planet di Tata Surya kita.

Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang Makemake:

1. Penemuan dan penamaan Makemake

Seperti dilansir dari laman resmi NASA, Makemake pertama kali ditemukan pada 31 Maret 2005 oleh tim astronom yaitu M.E Brown, C.A. Trujillo dan D. Rabinowitz di Palomar Observatory.

Sebelum dikonfirmasi secara resmi, benda langit yang satu ini diberi nama 2005 FY9. Sementara itu, nama Makemake berasal dari dewa kesuburan Rapanui di Pulau Paskah.

Baca juga: Malam Ini, Planet Katai Makemake Terlihat Lebih Terang Berkat Oposisi Solar

2. Planet katai (katai)

Makemake adalah planet terkecil di luar tata surya dan berlokasi di Kuiper Belt (Sabuk Kuiper), yaitu wilayah di luar orbit Neptunus.

Sabuk Kuiper adalah alam yang dipenuhi ribuan miniatur dunia es dan berbatu, yang terbentuk pada awal sejarah tata surya sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Makemake menjadi benda keempat yang diidentifikasi sebagai planet katai dan merupakan salah satu yang menyebabkan Pluto kehilangan statusnya sebagai planet.

3. Planet katai paling terang kedua

Disebutkan bahwa meskipun Makemake sedikit lebih kecil dari Pluto, ia merupakan objek paling terang kedua di Sabuk Kuiper yang terlihat dari Bumi.

Sementara itu, Pluto adalah yang paling terang pertama.

Meskipun para astronom belum bisa melihat detail permukaan Makemake, disebutkan bahwa permukaannya mirip dengan Pluto yaitu berwarna kecokelatan-kemerahan. Lalu, di permukaannya terdeteksi ada metana dan etana beku.

Baca juga: 5 Fenomena Langit Pekan Ini, Konjungsi Bulan-Pollux Bintang Gemini hingga Bulan Purnama

4. Ukuran dan jarak Makemake

Dengan radius kira-kira 444 mil atau 715 kilometer, radius Makemake adalah sepersembilan Bumi. Sebagai ilustrasi, jika Bumi seukuran nikel, maka Makemake akan sebesar biji sawi.

Dari jarak rata-rata 6.847.000.00 kilometer, Makemake berjarak 45,8 satuan astronomi (sa) dari Matahari. Untuk diketahui, sa adalah jarak dari Matahari ke Bumi.

Dari jarak ini, dibutuhkan 6 jam 20 menit bagi sinar Matahari untuk mencapai Makemake.

5. Orbit dan rotasi

Diperlukan waktu sekitar 305 tahun Bumi bagi planet katai ini untuk melakukan satu kali perjalanan mengelilingi Matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com