6 Fakta Makemake, Planet Katai yang Bikin Pluto Bukan Lagi Planet

Kompas.com - 27/03/2021, 18:04 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Sebelum para astronom mengetahui adanya sebuah benda langit yang disebut Makemake (saat ini), Pluto dikenal sebagai planet ke sembilan setelah Neptunus.

Namun, ketika para astronom menemukan benda langit 2005 FY9 pada tahun 2005, yang kemudian diganti namanya menjadi Makemake pada 2008; Pluto dihilangkan dari kategori planet di Tata Surya kita.

Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang Makemake:

1. Penemuan dan penamaan Makemake

Seperti dilansir dari laman resmi NASA, Makemake pertama kali ditemukan pada 31 Maret 2005 oleh tim astronom yaitu M.E Brown, C.A. Trujillo dan D. Rabinowitz di Palomar Observatory.

Sebelum dikonfirmasi secara resmi, benda langit yang satu ini diberi nama 2005 FY9. Sementara itu, nama Makemake berasal dari dewa kesuburan Rapanui di Pulau Paskah.