Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halo Prof! Mengapa Rambut Selalu Rontok Ketika Disisir?

Kompas.com - 27/03/2021, 13:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Rambut yang kerap rontok, terutama dalam jumlah banyak jelas menimbulkan kekhawatiran. Hal ini dialami oleh pembaca Kompas.com bernama Depiaa Veriska yang mengirimkan pertanyaannya ke Halo Prof!:

"Halo Dok, mengapa rambut saya sering sekali rontok, Dok? Rontoknya sehari bisa beberapa kali setiap disisir. Terkadang sampai segumpal tangan lebih. Sedangkan rontok ini terjadi sudah semingguan lebih. Apakah tidak apa-apa, Dok? Terima kasih, Dok."

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Alexander Chandra, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dari RS Pondok Indah – Puri Indah:

Baca juga: 6 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat

Halo Ibu Depiaa Veriska, terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Rambut rontok pada wanita biasanya terjadi 100 helai per hari. Apabila lebih dari itu, biasanya ada masalah pada rambut Anda. Beberapa hal di bawah ini adalah penyebab dari kerontokan rambut:

1. Tekanan yang terlalu kuat pada rambut, misalnya sering mengikat rambut terlalu kencang dapat memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut. Hal ini membuat folikel rambut melemah. Tekanan ini dapat menimbulkan kebotakan (kebotakan karena tarikan).

2. Stres dapat mendorong otak memproduksi hormon kortisol yang memicu kerontokan rambut. Sebaiknya Anda dapat mengelola stres dengan baik, misalnya dengan rutin berolahraga.

3. Terlalu sering memanipulasi rambut, misalnya mewarnai rambut, meluruskan rambut, mengeriting rambut, dan mencatok rambut dapat memicu rambut menjadi rontok.

4. Kurang pelembab pada rambut, misalnya penggunaan kondisioner rambut

5. Diet yang berlebihan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi sehingga rambut kekurangan protein, vitamin A, B, dan C, serta zat besi. Hal ini juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Baca juga: Kenapa Pria Punya Lebih Banyak Rambut Dibanding Wanita?

6. Hormonal dan genetik pun dapat menyebabkan kerontakan rambut (alopesia androgen). Saat hal tersebut berlangsung, terjadi penyusutan folikel rambut karena hormon androgen. Hormon androgen ada pada wanita, tetapi biasanya lebih banyak pada pria.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com