[POPULER SAINS] Asteroid Melintas Dekat Bumi Semalam | Kupas Tuntas Filler

Kompas.com - 22/03/2021, 07:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Asteroid raksasa 2001 F032 menjadi perhatian para astranom di seluruh dunia semalam.

Pasalnya, benda langit itu adalah yang terbesar yang berada di jarak terdekat dengan Bumi tahun ini.

Dalam pemberitaan terakhir, asteroid tersebut berada di jarak 2 juta kilometer dengan Bumi atau setara 5,25 kali jarak Bumi dan Bulan pada pukul 23.00 WIB semalam.

Ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Minggu, 21 Maret 2021.

Berita lainnya, kanal Sains mengupas tuntas tentang perawatan filler, penjelasan stres bikin jerawatan, hingga informasi penting untuk orangtua soal tanda anak cacingan.

Baca juga: [POPULER SAINS] Asal Usul Covid-19 Diungkap WHO | Ledakan Lebanon Guncang Atmosfer

Berikut berita selengkapnya.

1. Asteroid raksasa melintas dekat Bumi semalam

Asteroid terbesar yang melewati Bumi tahun ini akan berada di jarak paling dekat pada Minggu (21/3/2021) tengah malam.

Ini memberi kesempatan langka bagi para astronom untuk melihat batuan luar angkasa yang disebut 2001 FO32 lebih jelas.

Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) mengatakan, tidak ada ancaman tabrakan antara asteroid tersebut dengan planet kita.

"Tidak ada ancaman dengan planet kita, baik sekarang atau berabad-abad yang akan datang," kata NASA dilansir AFP, Minggu (21/3/2021).

Menurut NASA, jarak terdekat asteroid 2001 F032 dengan Bumi adalah dua juta kilometer (1,25 juta mil).

Jarak itu setara dengan 5,25 kali jarak Bumi dari Bulan. Kendati demikian, asteroid 2001 FO32 tetap diklasifikasikan sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya.

"Kami mengetahui jalur orbit 2001 FO32 mengelilingi Matahari dengan sangat akurat," kata Paul Chodas, direktur Pusat Studi Objek Dekat Bumi.

NASA mengatakan 2001 FO32 melintasi Bumi dengan kecepatan sekitar 124.000 kilometer per jam, lebih cepat dari kecepatan kebanyakan asteroid yang menghantam Bumi.

Asteroid itu diperkirakan berdiameter sekitar 900 meter dan ditemukan 20 tahun lalu. Diameternya sekitar tiga kali tinggi menara Eiffel.