Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli: Pasien Hipertensi Harus Terus Minum Obat Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 04/03/2021, 09:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Ahli mengingatkan bagi pasien dengan penyakit komorbid hipertensi, harus tetap mengonsumsi obat anti hipertensi selama masa pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh President of Indonesian Society of Hypertension (InaSH), dr Tunggul D Situmorang SpPD-KGH dalam diskusi daring bertajuk Tatalaksana Hipertensi pada Masa Pandemi: Waspadai Hipertensi sebagai Komorbid Tertinggi Covid-19, Jumat (26/2/2021).

"Orang yang hipertensi harus tetap terus minum obatnya, sampai memang baru terbukti adanya perburukan," kata dr Tunggul.

Sebagai informasi, hipertensi adalah komorbid atau penyakit penyerta tertinggi dan berbahaya bagi pasien terinfeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga: Pasien Hipertensi dan Kolesterol Tinggi Malas Minum Obat, Apa Efeknya?

 

Data terkini menyebutkan bahwa komorbid tertinggi Covid-19, dengan perbandingan di Amerika Serikat sebanyak 56,6 persen, China 58,3 persen, Italia 49 persen dan Indonesia 50,5 persen.

Peringatan dr Tunggul mengenai kepatuhan pasien untuk terus minum obat hipertensi tersebut, sesuai dengan kondisi prevalensi hipertensi di Indonesia yang ada.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 mencatat sebanyak 63 juta orang atau sebesar 34,1 persen penduduk di Indonesia menderita hipertensi.

Dari populasi pasien hipertensi tersebut, hanya sebesar 8,8 persen terdiagnosis hipertensi dan hanya 54,4 persen dari terdiagnosis hipertensi rutin minum obat.

Baca juga: Hipertensi Bisa Picu Gagal Jantung, Begini Cara Mengelola Tekanan Darah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com