Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Gempa Bumi Halmahera Selatan, Dipicu Aktivitas Sesar dan Merusak

Kompas.com - 27/02/2021, 10:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Gempa bumi mengguncang Halmahera Selatan, Maluku, pada Jumat (26/2/2021) sore. Gempa tektonik bermagnitudo 5,2 itu dipicu aktivitas sesar.

Seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (26/2/2021), gempa bumi tersebut memiliki parameter update magnitudo Mw 5,0 dan pusat gempa Halmahera Selatan berada di koordinat 0,55 LS dan 127,56 BT.

Tepatnya lokasi gempa berada di darat pada jarak 12 km arah Utara Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara pada kedalaman 10 km.

Kendati demikian, menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, dari hasil pemodelan BMKG gempa bumi di Halmahera Selatan ini tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Dipicu Aktivitas Sesar, Lindu M 5,2 Guncang Halmahera Selatan

 

Bila memperhatikan lokasi episenter gempa dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas sesar lokal.

Lebih lanjut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan beberapa analisis terkait fakta gempa bumi di Pulau Bacan, Halmahera Selatan tersebut, sebagai berikut.

1. Gempa bumi dangkal

Daryono mengungkapkan gempa Bacan yang terjadi Jumat sore pukul 18.02 WIB berpusat di darat pada jarak 12 km arah timur kota Labuha, dan berada pada kedalaman 10 km.

Oleh sebab itu, gempa Halmahera Selatan ini dikategorikan sebagai gempa bumi kerak dangkal atau shallow crustal earthquake.

Baca juga: Halmahera Selatan Diguncang Gempa, Ini Bedanya dengan Guncangan Juli

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com