Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Ular Keluar Saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya

Kompas.com - 25/02/2021, 11:33 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu hal yang dikhawatirkan saat terjadi banjir adalah bertemu dengan hewan-hewan tak bersahabat seperti ular, tikus, dan sebagainya.

Sebenarnya hewan apa saja yang keluar sarang saat banjir dan apa yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi keberadaannya?

Sejak awal Januari hingga Februari 2021, banjir dan banjir bandang telah merendam ribuan rumah masyarakat Indonesia di sejumlah wilayah provinsi.

Beberapa daerah yang turut dilanda banjir awal tahun 2021 ini adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Jombang, Karawang, Malang, Kalimantan Selatan, Kota Manado, Palopo, dan lainnya.

Baca juga: Banjir di Mana-mana, Benarkah Musim Hujan Tahun Ini Lebih Basah?

Amir Hamidy, ahli zoologi Indonesia spesialis herpetologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan bahwa, saat banjir volume air akan naik dan masuk ke lubang-lubang.

"Lubang-lubang yang sebelumnya terisi udara, dipenuhi air. Dan yang bisa survive adalah hewan-hewan yang bernapas dengan insang," kata Amir kepada Kompas.com, Rabu (24/2/2021).

Sementara hewan-hewan yang bernapas dengan paru-paru seperti ular, tikus, hingga kalajengking akan keluar dari lubang untuk mencari udara.

"Ular kan bernapas dengan paru-paru, jadi kalau dia (sedang) stay di dalam lubang, kemudian (lubang) dipenuhi air, pasti dia (ular) akan keluar mencari udara," ujar Amir.

"Selain ular, juga kalajengking, beberapa lipan, kluwing, kemudian serangga-serangga yang ada di dalam lubang, termasuk tikus," imbuh dia.

"Jadi semua hewan yang bernapas dengan paru-paru dan hidup di tanah, saat terkena banjir, dia pasti akan keluar karena butuh udara."

Tips jika hewan keluar saat banjir

Ketika sedang banjir dan ternyata ada hewan keluar di sekitar kita, hal utama dan paling penting yang harus dilakukan menurut Amir adalah tingkatkan kewaspadaan.

"Karena hewan-hewan itu memang hidup di sekitar kita," ujar Amir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com