Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Cuaca Ekstrem, Potensi Awan Cumulonimbus di Sejumlah Wilayah Indonesia

Kompas.com - 14/02/2021, 11:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sebagian besar wilayah Indonesia, saat ini memasuki musim hujan.

Dari 342 zona, 96 persen wilayah akan diguyur hujan. Sesuai prakiraan BMKG, puncak musim hujan akan terjadi pada Januari hingga Februari 2021.

Berdasarkan rilis Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, puncak musim hujan akan terjadi di sebagian wilayah Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua Barat dan bagian selatan Papua.

"Berdasarkan kondisi tersebut, maka kewaspadaan akan potensi cuaca ekstrem harus terus ditingkatkan," kata Guswanto, dalam rilisnya, Minggu (14/2/2021).

Baca juga: Libur Imlek, Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Cuaca Ekstrem

 

Menurut analisis BMKG menunjukkan, kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah di Indonesia.

Kondisi ini disebabkan oleh munculnya pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Australia dan munculnya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah utara Indonesia.

Sehingga, hal ini memengaruhi pola arah dan kecepatan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia.

Selain itu, cuaca ekstrem juga turut memengaruhi kondisi labilitas atmosfer yang kuat di sebagian wilayah Indonesia dapat turut berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan hujan dalam skala lokal.

Baca juga: Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem, Hujan Lebat hingga Gelombang Tinggi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com