Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Orang Dewasa Penyebar Virus Corona Terbesar, Kok Bisa?

Kompas.com - 04/02/2021, 16:26 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN


KOMPAS.com- Para peneliti dari Imperial College di London menunjukkan bahwa penyebar terbesar virus corona di Amerika Serikat adalah anak muda berusia antara 20 tahun hingga orang dewasa berusia 49 tahun.

Studi ini menggunakan data lokasi ponsel yang mencakup lebih dari 10 juta orang dan informasi yang tersedia untuk umum tentang penyebaran virus untuk menghiting kelompok usia mana yang paling bertanggung jawab atas penyebaran Covid-19 di Amerika Serikat.

Menurut peneliti, seperti dikutip dari CNN, Kamis (4/2/2021), peran anak-anak dalam penyebaran virus corona sangat sedikit, jika dibandingkan pada orang dewasa yang lebih tua.

Artinya, dengan dibukanya sekolah kemungkinan tidak berkontribusi pada penyeberan, jika penularan dapat dikendalikan di antara orang dewasa muda.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Terus Bermunculan, Ini 4 Mutasi Virus yang Diketahui

 

"Studi ini memberikan bukti bahwa wabah Covid-19 yang muncul kembali di AS pada 2020 telah didorong oleh orang dewasa berusia 20-49 tahun, khususnya orang dewasa usia 35-49 tahun, sebelum dan sesudah sekolah dibuka kembali," kata peneliti.

Dalam studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Science ini, peneliti mengatakan bahwa tidak seperti pandemi flu, bahwa setelah sekolah dibuka kembali pada Oktober 2020 lalu, infeksi SARS-CoV-2 pada orang dewasa di AS diperkirakan mencapai 72,2 persen.

Sementara infeksi Covid-19 pada anak-anak dengan usia antara 0-9 tahun, kurang dari 5 persen dan pada anak remaja usia 10-19 tahun, kurang dari 10 persen.

Oliver Ratmann dari Imperial College Covid-19 Response Team menduga bahwa kemungkinan orang dewasa berusia 35-49 tahun yang menjadi faktor terbesar yang mendorong pandemi, dibandingkan orang dewasa yang lebih muda.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Inggris, 2 Gejala Ini Prediktor Dirawat di RS

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com