Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandi Pakai Cairan Antiseptik dengan Povidone Iodine, Hati-hati Kulit Iritasi

Kompas.com - 15/01/2021, 07:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu merek cairan antiseptik di Indonesia ramai menjadi pembicaraan di sosial media, karena mengandung Povidone Iodine yang kabarnya ampuh membunuh SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

Dalam unggahan sebuah akun gossip di Instagram disebutkan, setelah keluar rumah sebaiknya mandi dengan produk ini yang memiliki kandungan Povidone Iodine 7.5%.

Menanggapi hal tersebut, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di IORA Dermatology Clinic, dr Edwin Tanihaha SpKK MHKes FKCCS mengatakan, Povidone iodine memiliki efek broadspectrum (luas) seperti antibakteri, antivirus, dan antijamur. Umumnya, bahan ini dipakai untuk antiseptik kulit, sebelum tindakan bedah.

Baca juga: Viral Povidone Iodine dalam Betadine Ampuh Bunuh Virus Corona, Ini Kata Ahli

“Biasanya konsentrasi povidone iodine untuk antiseptik tindakan bedah sebesar 10%, untuk sabun 7.5%, obat kumur 1%, dan spray ke tenggorokan 0.45%,” jelas dr. Edwin kepada Kompas.com.

Diakui dr. Edwin, ada beberapa penelitian, yang menyatakan bahwa Povidone iodine memiliki efek virudical (membunuh virus) SARS-CoV-2 dalam waktu 30 detik setelah kontak.

“Di beberapa jurnal juga disebutkan, penggunaan povidone iodine dapat mengeliminasi SARS-CoV-2 di kulit yang terpapar droplet virus corona,” kata dr. Edwin.

Meski demikian, dr. Edwin menekankan untuk menggunakan cairan antiseptik yang mengandung povidone iodine secara bijak dan tidak sembarangan.

Pasalnya, penggunaan bahan antiseptik dengan kandungan povidone iodine terlalu sering, tanpa indikasi yang jelas atau pada pasien dengan tipe kulit sensitif dapat berisiko mengakibatkan iritasi kulit.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa kulit kita memiliki bakteri yang buruk maupun bakteri baik, dan bila menggunakan produk antibakteri terlalu sering, maka bakteri baik pada kulit akan terbunuh.

“Risiko lainnya, barier kulit akan terganggu, sehingga kulit menjadi lebih sensitif dan berisiko iritasi, terutama untuk individu yang memiliki tipe kulit sensitif (atopic skin),” tuturnya.

Baca juga: Cegah Penularan Corona SARS-CoV-2, Ini Manfaat Antiseptik Povidone-Iodine untuk Saluran Pernapasan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com