Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan, 90 Persen Hewan Darat akan Kehilangan Habitatnya pada 2050

Kompas.com - 28/12/2020, 13:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Peneliti menyebut jika hampir semua hewan darat terancam kehilangan sebagian habitatnya pada tahun 2050.

Hal tersebut terjadi lantaran adanya pembukaan lahan secara terus menerus untuk memenuhi permintaan pangan dunia yang terus meningkat.

Peneliti sendiri memperkirakan bahwa kita akan membutuhkan sekitar 2 hingga 10 juta km  persegi lahan pertanian baru untuk memenuhi permintaan pangan dalam 30 tahun ke depan.

Dengan kebutuhan lahan yang makin bertambah itu maka makin bertambah pula kawasan alami yang kehilangan fungsinya dan akan membuat hampir 90 persen hewan darat bakal kehilangan sebagian besar habitatnya.

Baca juga: Mirip Hewan Peliharaan, Kanguru Juga Bisa Berkomunikasi dengan Manusia

 

Seperti dikutip dari New Scientist, Minggu (27/12/2020) proyeksi tersebut didapat setelah peneliti mengembangkan pemodelan yang menunjukkan bagaimana perluasan lahan pertanian akan memengaruhi habitat alami pada hampir 20.000 mamalia darat, amfibi, dan juga burung.

Hasil studi yang dilakukan oleh University of Leeds, Inggris ini pun berhasil mengidentifikasi lebih dri 17.000 spesies hewan darat akan kehilangan sebagian dari habitatnya pada tahun 2050.

Lebih lanjut peneliti mengungkap jika dampak paling parah akibat eksploitasi lahan adalah wilayah sub-Sahara Afrika dan hutan hujan Atlantik Brasil. Tetapi kerugian terjadi di setiap benua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com