Kapal Karam Penuh Gading, Ungkap Perburuan Gajah di Abad ke-16

Kompas.com - 27/12/2020, 18:00 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Temuan kapal karam yang dipenuhi gading gajah adalah petunjuk yang memberi wawasan baru tentang perdagangan gading abad ke-16.

Hal tersebut terungkap setelah peneliti melakukan studi terhadap Bom Jesus, sebuah kapal dagang Portugis yang tenggelam saat melakukan perjalanan ke India tahun 1533.

Seperti dikutip dari Gizmodo, Minggu (27/12/2020) kapal karam Bom Jesus ditemukan tak sengaja pada tahun 2008 oleh para pekerja perusahaan tambang berlian yang tengah melakukan pekerjaan di sebuah pantai Namibia.

Baca juga: Mengejutkan, Setiap Hari Gajah Kehilangan 325 Liter Air dari Tubuhnya

Kapal tersebut berisi emas, perak, timah, tembaga, dan juga gading.

Selama berabad-abad, batangan tembaga mendorong kapal makin tenggalam dan masuk ke dasar laut yang lunak.

Ternyata kondisi tersebut justru ideal untuk pengawetan. Buktinya, peneliti berhasil mengambil lebih dari 100 gading gajah dari ruang kargo kapal dan menjadikannya sebagai penemuan arkeologi gading Afrika yang pernah ditemukan.

Penelitian yang dipublikasikan di Current Biology ini kemudian dilakukan dengan menganalisis DNA pada 44 gading yang diambil dari Bom Jesus dan analisis isotop pada 97 gading.

Hasilnya peneliti pun dapat mengungkap ragam spesies, lokasi geografis, serta habitat gajah yang diambil gadingnya.

Peneliti menyebut bahwa gading di atas Bom Jesus secara eksklusif bersumber dari gajah hutan Afrika.

Gajah hutan ini dibunuh untuk diambil gadingnya di Afrika Barat dan bukan di Afrika Tengah.

Hal itu menurut ahli genetika Alida de Flamingh dari Universitas Illinois di Urbana-Champaign sejalan dengan pendirian pusat perdagangan Portugis di sepanjang pantai Afrika Barat selama periode tersebut.

Selain itu, dari analisis peneliti menemukan ada 17 kelompok gajah yang berbeda secara genetik hidup di Afrika barat saat itu.

Namun dari ke-17 kelompok itu hanya tersisa empat kelompok saja yang masih bisa ditemui hidup hingga saat ini.

Garis keturunan yang hilang itu kemungkinan besar akibat perburuan yang berlebihan serta hilangnya habitat.

Lebih lanjut, analisis juga mengungkap bahwa gajah-gajah ini hidup di lingkungan hutan campuran, berpindah dari kawasan hutan ke sabana tergantung pada musim atau ketersediaan air. Ini adalah hasil yang tidak terduga.