Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertubuh Kecil, Kepik Habiskan Waktu Dua Jam untuk Kawin

Kompas.com - 24/12/2020, 18:30 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Siklus hidup kepik atau ladybug dimulai dengan perkawinan ibu dan ayah kepik. Serangga ini bereproduksi secara seksual.

Setelah kepik keluar dari tempat persembunyian musim dingin dan berasumsi mereka selamat dari musim dingin, biasanya saat itu sudah memasuki musi semi. Di masa ini kepi akan mulai mencari pasangan.

Menariknya, setiap spesies kepik memiliki feromon untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Kemungkinan feromon ini akan memberikan informasi tentang jenis spesies, kekuatan kesuburan pada betina, keseluruhan kekuatan genetik jantan, dan sebagainya, hingga kedua belah pihak memutuskan apakah mereka cocok satu sama lain.

Ukuran kepik betina cenderung berukuran lebih besar dari kepik Jantan. Tetapi setiap varietas kepik dapat bervariasi ukurannya.

Kepik kawin

Pada saat perkawinan, jantan akan menaiki punggung kepik betina, mencengkeram elytra dengan kaki depannya, sambil memasukkan 'aedeagus' (alat kelamin serangga) ke dalam tubuhnya.

Proses kawin, yang dikenal dengan istilah kopulasi ini, bisa berlangsung hingga lebih dari dua jam dalam satu waktu. Umumnya kepik betina masih bisa bergerak selama proses kawin tersebut.

Setelah itu, kepik betina akan menyimpan sperma jantan selama 2-3 bulan sebelum bertelur.

Untuk menetaskan telurnya, ia akan mencari tempat terbaik yang memberi perlindungan terbaik dan kesempatan terbaik untuk bertahan hidup, termasuk memiliki banyak pasokan makanan untuknya dan jauh dari pemangsa.

Biasanya, kepik betina akan memilih bagian bawah daun atau tempat teduh lainnya yang tak mudah terlihat.

Kepik bertelur

Sebagian besar kepik akan bertelur selama akhir musim semi hingga awal musim panas, ketika sumber makanan berada pada level tertinggi. Semua peletakan juga sangat tergantung pada kondisi cuaca dan suhu yang tepat.

Karena betina dapat menyimpan sementara sperma selama 2-3 bulan, proses ini akan berlangsung terus menerus selama akhir musim semi dan musim panas.

Kepik betina akan menghasilkan telur kuning kecil yang lengket dan akan merekat ke permukaan, seperti bagian bawah daun. Dibutuhkan waktu sekitar 4-10 hari bagi larva untuk menetas dari telurnya.

Dalam hidupnya, Ladybug dapat bertelur sebanyak 1000 butir telur. Tidak semua akan menetas, beberapa telur kemungkinan akan dimakan predator.

Kebanyakan predator yang memakan kepik, juga akan memakan telur kepik, dan bahkan larva kepik.

Ini sebabnya, mengapa kepik betina berusaha mencari tempat bertelur yang aman dari predator dan dekat sumber makanan.

Sehingga, larva tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan makanan, semakin banyak makanan yang mereka makan dalam waktu sesingkat mungkin, semakin besar dan kuat mereka bisa tumbuh untuk memungkinkan mereka melanjutkan ke tahap berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com