Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Laboratorium Biomolekular, RS Royal Progress Tingkatkan Kapasitas Tes Covid-19

Kompas.com - 19/12/2020, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Angka kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat, dengan penambahan lebih dari 4.200 kasus per hari pada November 2020 lalu.

Salah satu langkah dalam mengantisipasi terus meningkatnya angka penularan, skrining Covid-19 terus didorong dengan berbagai metode tes yang diharapkan dapat memberikan akurasi yang tepat dalam menekan penyebaran infeksi virus corona ini.

"Oleh karena itu, kami ingin berkontribusi untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan masyarakat dengan meresmikan laboratorium biomolekular yang baru," ujar Derice Sumantri, Direktur Utama PT. Royal Progress yang juga pemilik Rumah Sakit Royal Progress, saat jumpa pers peresmian laboratorium biomolekular di Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Untuk meningkatkan layanan skrining tes Covid-19, juga ditambah jumlah mesin PCR dari Jerman yang ditargetkan dapat menampung lebih banyak sampel hingga ribuan sampel selama 24 jam.

 

Baca juga: Ilmuwan Inggris Temukan Tes Covid-19 Tercepat Tanpa Uji Laboratorium

 

Derice menjelaskan dengan ditambahnya alat tes tersebut, dengan jumlah penduduk Kecamatan Tanjung Priok sebanyak 43 ribu jiwa (data 2020), akan dapat memenuhi kebutuhan tes untuk 69,8 persen penduduk.

Sedangkan untuk Jakarta Utara sebanyak 2,3 juta jiwa, setiap bulannya diperkirakan dapat melayani swab test Covid-19 terhadap 1,3 persen penduduk di wilayah tersebut.

Diresmikannya laboratorium biomolekular Rumah Sakit Royal Progress ini menurut Direktur Utama Rumah Sakit Royal Progress dr. Ivan R. Setiadarma, MM, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jumlah pemeriksaan kepada para pasien.

"Terutama dalam masa pandemi Covid-19, untuk membantu mempercepat penegakkan diagnosis yang tepat, contact tracing dan memutus rantai penularan dalam masyarakat," ungkap Ivan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com