Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Varian Baru Virus Corona, Inggris Terapkan Lockdown Ketat

Kompas.com - 15/12/2020, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- London akan menerapkan pembatasan sosial atau lockdown ketat menyusul lonjakan angka penularan setelah ditemukan varian baru virus corona di ibukota Inggris tersebut.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock mengatakan pemerintah Inggris perlu bertindak untuk segera melandaikan kurva lebih awal dari tanggal peninjauan setiap dua minggu, yakni dimulai pada 16 Desember.

"Tindakan ini (lockdown) sangat penting, bukan hanya untuk menjaga keselamatan warga, namun karena kita sudah menyaksikan jika tindakan cepat tanggap dapat menghambat kerusakan lebih parah dan masalah berkepanjangan nantinya," kata Matt seperti dikutip dari ABC, Selasa (15/12/2020).

Kendati beberapa wilayah di Inggris dengan populasi penduduk yang besar telah masuk dalam tahap pembatasan yang ketat.

Baca juga: Varian Baru Mutasi Virus Corona Ditemukan di Inggris, Apa Kata Ahli?

 

Namun pelonggaran di tengah libur Natal sekitar tanggal 23-27 Desember, warga dari tiga rumah berbeda masih dapat berkumpul dalam tempat tertutup.

Penularan virus corona di Inggris, pertama kali muncul di London pada periode Maret hingga Mei, namun saat gelombang kedua terjadi, penularan lebih banyak terjadi di pusat kota dan utara Inggris.

Berdasarkan data yang dipublikasikan minggu lalu, angka kasus Covid-19 per 100.000 warga London adalah 191,8. Angka ini lebih tinggi dari angka di daerah yang menerapkan aturan lebih ketat, seperti West Midlands.

Beberapa hari lalu, Menkes Matt mengumumkan bahwa ditemukan varian baru virus corona di Inggris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com