Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2020, 07:01 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu tren diet yang paling populer di dunia saat ini adalah intermittent fasting atau puasa berselang.

Puasa berselang adalah menerapkan pola makan berulang dengan melibatkan periode puasa dan periode makan.

Pola diet ini berfokus pada kapan waktu makan, bukan apa atau seberapa banyak yang Anda makan.

Kebanyakan orang menerapkan puasa berselang untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan mereka.

Baca juga: Tren Diet Semakin Gencar Dilakukan Remaja demi Citra Tubuh Ideal

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa puasa berselang ini dapat memiliki efek yang kuat pada tubuh dan otak.

Dilansir ZME Science (24/11/2020), puasa berselang bukan diet dalam pengertian konvensional. Akan tetapi lebih tepat dijelaskan sebagai mengatur pola makan.

Puasa telah menjadi praktik di sebagian besar sejarah manusia dan, sebagai hasilnya, kita berevolusi dapat hidup tanpa makanan dalam waktu yang cukup lama, seperti satu atau dua hari.

Metode penting

Ada lebih dari satu cara untuk melakukan intermittent fasting atau puasa berselang.

Beberapa metode membagi hari atau minggu menjadi periode makan dan puasa. Intinya, Anda memperkenalkan periode puasa harian atau mingguan.

Berikut adalah metode paling populer:

  • Metode 16/8: Juga disebut protokol Leangains, pola ini melewatkan sarapan dan membatasi waktu makan harian menjadi 8 jam. Misalnya periode makan Anda adalah jam 13.00 sampai 19.00. Di luar jam itu, atau selama 16 jam harus berpuasa.
  • Eat-Stop-Eat (makan-berhenti-makan): Pola ini melibatkan puasa selama 24 jam, tapi hanya sekali atau dua kali seminggu. Misalnya Anda terakhir makan pukul 19.00, maka hingga pukul 19.00 keesokan harinya Anda tidak boleh makan sama sekali.
  • Diet 5:2 : Dengan metode ini, Anda hanya mengonsumsi 500-600 kalori pada dua hari tidak berurutan dalam seminggu tetapi makan secara normal selama 5 hari lainnya. Misalnya Anda makan 500-600 kalori pada hari Senin, kemudian Anda melakukan hal yang sama pada hari Rabu atau Kamis. Di hari lain, Anda bisa makan normal.

Selama periode puasa, Anda makan sangat sedikit atau tidak sama sekali. Selain itu juga tidak boleh mengonsumsi minuman berkalori.

Dengan mengurangi asupan kalori, semua metode ini dapat menyebabkan penurunan berat badan selama Anda tidak makan banyak saat sedang di periode makan.

Banyak orang menganggap metode 16/8 sebagai yang paling sederhana, paling berkelanjutan, dan paling mudah untuk diterapkan. Sejauh ini, itu yang paling populer.

Ilustrasi makanan diet, pola makan seimbang. Dok. Shutterstock/ Yury Gulakov Ilustrasi makanan diet, pola makan seimbang.

Efek puasa berselang pada sel dan hormon

Puasa menyebabkan serangkaian reaksi dalam tubuh pada tingkat seluler dan molekuler.

Tubuh Anda menyesuaikan tingkat hormon agar lemak tubuh yang tersimpan lebih mudah diakses, sementara sel Anda juga memulai proses perbaikan penting dan mengubah ekspresi gen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com