Studi: Materi Gelap Ini Ganggu Pergerakan Galaksi Bima Sakti, Apa Itu?

Kompas.com - 24/11/2020, 20:04 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com- Studi baru yang dilakukan sejumlah ilmuwan astronomi mengungkapkan temuan yang mengejutkan tentang galaksi Bima Sakti.

Large Magellanic Cloud (LMC) yang telah menjadi galaksi satelit Bima Sakti, ternyata memberikan gangguan pada pergerakan galakis kita.

LMC adalah materi gelap yang terlihat seperti awan samar di langit malam yang berada di belahan bumi selatan. Namanya, Magellanic, diambil dari penjelajah Portugis abad ke-16, Ferdinand Magellan.

Dikutip dari Phys, Selasa (24/11/2020), para ilmuwan meyakini bahwa menurut standar kosmologis, LMC telah melintasi galaksi Bima Sakti sekitar 700 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Gas Aneh Dekati Jantung Galaksi Bima Sakti, Mungkinkah Lubang Hitam?

Oleh karena kandungan materi gelap yang sangat besar, saat LMC jatuh di galaksi kita, mengakibatkan gangguan terhadap struktur dan gerakan galaksi Bima Sakti.

Para astronom mengatakan bahwa efeknya masih disaksikan saat ini, dan memaksa revisi tentang bagaimana galaksi kita ini berevolusi.

Dalam penelitian sebelumnya telah mengungkapkan bahwa LMC, seperti Bima Sakti, dikelilingi halo dengan materi gelap. Ini adalah partikel yang sulit dipahami yang mengelilingi galaksi, tidak menyerap maupun memancarkan cahaya.