Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Penyebab Buang Air Besar Berdarah yang Harus Diwaspadai

Kompas.com - 22/11/2020, 10:10 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber SELF

KOMPAS.com - Ketika menemukan darah dalam feses saat buang air besar (BAB), tentu Anda mulai bertanya-tanya apa penyebabnya.

Meski demikian, tak semua orang segera berkonsultasi pada dokter. Padahal, pendarahan pada dubur bukanlah biasa. Buang air besar dengan darah tak bisa dianggap remeh, karena harus segera ditemukan dari mana darah berasal.

Darah yang ada pada feses bisa berasal dari rektum, usus besar bagian bawah, atau area lain dari sistem pencernaan Anda.

Baca juga: BAB Berdarah Tanda Ambeien atau Kanker Usus Besar, Kenali Bedanya

Secara umum, setiap perdarahan di saluran pencernaan Anda terjadi karena pembuluh darah terpapar dan pendarahan ke dalam lumen G.I. sistem.

Ini bukan hal yang normal, dan alasan yang mendasari bervariasi berdasarkan proses penyakit dan lokasinya. 

Melansir Self, (29/9/2020), meskipun sulit untuk mencari tahu sendiri penyebab adanya darah saat Anda BAB, ada baiknya untuk mengetahui apa yang mungkin Anda hadapi.

Berikut adalah 8 penyebab paling umum buang air besar berdarah:

1. Mengidap wasir

Ketika Anda tegang saat mencoba buang air besar, duduk terlalu lama di toilet, atau mengalami diare, hal itu bisa memicu Anda mengalami wasir.

Faktanya, Sekitar tiga dari empat orang dewasa memiliki wasir.

Selain itu, kehamilan, sembelit dan peningkatan tekanan pada bagian bawah tubuh termasuk anus, hingga peningkatan berat badan juga bisa menyebabkan wasir

Gejala wasir biasanya adalah anus yang terasa gatal atau iritasi, kemudian muncul nyeri pada anus hingga anus bengkak.

Ashkan Farhadi, MD, seorang ahli gastroenterologi di MemorialCare Orange Coast Medical Center dan direktur Proyek Penyakit Pencernaan MemorialCare Medical Group di Fountain Valley, California, mengatakan seperti fisura anus (luka robek di anus), darah biasanya berwarna merah cerah.

Karena wasir terbentuk di atau dekat anus Anda, maka darah tidak memiliki waktu untuk menggumpal dan berubah warna menjadi gelap sebelum keluar.

Jika memang Anda mengidap wasir, maka hal pertama ketika Anda melihat darah pada feses, berusia 45 tahun ke atas, memiliki riwayat keluarga kanker kolorektal, maka Anda harus segera menemui dokter untuk menyingkirkan berbagai penyebab lain, sebelum memutuskan bahwa Anda pasti menderita wasir.

Namun, jika itu benar-benar karena wasir, biasanya darah akan hilang dengan sendirinya. Tapi, menurut Dr. Farhadi, wasir juga bisa menyebabkan pendarahan terus-menerus.

Jika wasir memang masalah Anda, perbanyak makan makanan berserat tinggi untuk melunakkan feses Anda, sehingga buang air besar tidak memerlukan usaha yang sangat besar.

Pastikan juga untuk minum cukup air, karena itu akan merendam serat dan membantu membuat feses lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan.

Baca juga: Membongkar 5 Mitos dan Fakta tentang Susah BAB atau Sembelit

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber SELF
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com