Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Peneliti Petakan Spesies Lebah di Seluruh Dunia

Kompas.com - 21/11/2020, 19:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com- Untuk pertama kalinya, peneliti membuat peta keanekaragaman lebah di dunia. Dalam proses pembuatan peta itu peneliti menggunakan gabungan daftar global paling lengkap dari spesies lebah ditambah dengan data kemunculan spesies lebah di seluruh dunia.

"Orang mengira lebah hanya terdiri dari beberapa spesies saja. Padahal ada lebih dari 20.000 spesies lebah yang ada di muka Bumi ini. Lebih banyak dari gabungan burung dan mamalia," ungkap John Ascher, peneliti dari National University of Singapore, seperti dikutip dari Phys, Sabtu (21/11/2020).

Berbagai kumpulan data lebah itu pun akhirnya dapat menghasilkan gambaran yang lebih jelas tentang berapa banyak spesies lebah yang tersebar di wilayah geografis yang berbeda.

Baca juga: Bagaimana Lebah Memproduksi Madu?

 

 

Sejauh ini Amerika Serikat memiliki spesies lebah paling banyak.

Tetapi ada juga wilayah di benua Afrika dan Timur Tengah yang memiliki tingkat keanekaragaman tinggi daripada di daerah tropis. Hanya saja wilayah itu belum dieksplorasi.

Selain itu, temuan tim dalam studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Current Biology ini juga mendukung bahwa terdapat lebih banyak spesies lebah di Belahan Bumi Utara daripada di Selatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com