Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Daftar Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Kompas.com - 21/11/2020, 12:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini, terhadap adanya potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

Peringatan dini cuaca ekstrem ini dikeluarkan oleh BMKG berdasarkan hasil analisis atmosfer bumi yang terpantau. Di antaranya seperti sirkulasi siklonik, dan dinamika atmosfer.

1. Sirkulasi siklonik

BMKG menyebutkan, sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Aceh, di Hindia barat Bengkulu, dan di Selat Karimata.

Baca juga: Banjir Bandang Bogor, BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan

 

Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang.

Konvergensi itu memanjang di perairan utara Aceh, dari Sumatra Utara hingga perairan barat Bengkulu, di Selat Karimata bagian utara, serta dari Kalimantan Tengah hingga Selat Karimata bagian selatan.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," tulis BMKG dalam keterangan tertulisnya terkait potensi cuaca ekstrem, Sabtu (21/11/2020).

Baca juga: BMKG: Sejumlah Wilayah Masih Harus Waspada Cuaca Ekstrem Hingga Besok

 

2. Dinamika atmosfer

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam sepekan ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan yaitu 21-26 November 2020, potensi cuaca ekstrem dan curah hujan akan terjadi dengan intensitas lebat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com