Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Cuci Tangan Sedunia, 3 Alasan Penting untuk Cuci Tangan

Kompas.com - 15/10/2020, 16:30 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah Anda, hari ini adalah Hari Cuci Tangan Sedunia? Untuk tahun ini, tema dari perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia adalah Hand Hygiene for All yang berarti kebersihan tangan untuk semua.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang malas mencuci tangan atau tidak mencuci tangan dengan benar.

Padahal, pada masa pandemi Covid-19 ini, menjaga tangan tetap bersih adalah kunci untuk mencegah penyebaran virus corona. Mengapa demikian?

Dilansir dari situs resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ada tiga alasan utama untuk mencuci tangan menurut sains:

Baca juga: Keajaiban Cuci Tangan, Bisa Cegah Penyakit Termasuk Covid-19

1. Mencegah infeksi dan penyebaran penyakit

Tangan kita sangat mudah terkontaminasi oleh kuman karena digunakan untuk menyentuh banyak hal dalam aktivitas sehari-hari. Bila tidak segera dibersihkan, kuman pada tangan lantas bisa menyebar dan menimbulkan infeksi.

Pasalnya, banyak orang punya kebiasaan menyentuh area mata, hidung dan mulut tanpa sadar. Padahal, mata, hidung dan mulut bisa menjadi pintu bagi kuman untuk masuk ke dalam tubuh dan membuat kita sakit.

Apalagi bila kita mempersiapkan makanan dan minuman tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. CDC menulis bahwa dalam kondisi tertentu, kuman bisa berkembang biak pada makanan dan minuman dan membuat orang yang mengonsumsinya sakit.

Mennyentuh obyek-obyek, seperti meja, pegangan pintu dan lain-lain, dengan tangan yang kotor juga bisa menyebarkan kuman dari tangan Anda ke tangan orang lain.

Baca juga: Video Viral Indira Kalistha, Mengapa Kita Perlu Pakai Masker dan Cuci Tangan?

Dengan mencuci tangan secara baik dan benar, Anda ikut mencegah diare dan penyakit pernapasan, serta infeksi mata dan kulit.

2. Menyelamatkan anak-anak di dunia

CDC menuturkan bahwa sebanyak 1,8 juta anak-anak di bawah usia lima tahun meninggal dunia karena diare dan pneumonia.

Mencuci tangan dengan air dan sabun bisa mencegah kematian satu dari tiga anak akibat diare, dan satu dari lima anak akibat penyakit pernapasan seperti pneumonia.

Studi juga menunjukkan bahwa edukasi mencuci tangan yang baik sejak dini bisa meningkatkan perkembangan anak dalam lingkungan tertentu.

Baca juga: Cegah Virus Tak Cukup Cuci Tangan, Perhatikan Cara Mengeringkannya

3. Melawan resistensi antibiotik

Seperti dipaparkan di atas, mencuci tangan bisa mencegah 30 persen penyakit dengan gejala diare dan 20 persen kasus infeksi pernapasan. Hal ini turut membantu melawan resistensi antibiotik.

Pasalnya, antibiotik sering kali diresepkan untuk menyembuhkan penyakit dengan gejala diare dan infeksi pernapasan. Padahal, penggunaan antibiotik yang berlebihan adalah penyebab utama resistensi antibiotik di seluruh dunia.

Jika kita bisa mencegah jumlah infeksi-infeksi ini dengan mencuci tangan, kita juga akan mengurangi jumlah penggunaan antibiotik dan risiko timbulnya resistensi antibiotik.

Mencuci tangan juga bisa mencegah infeksi kuman yang sudah terlanjur resisten antibiotik dan sulit untuk diobati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com