Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli: Infeksi Ulang Covid-19 Nyata, tapi Kasusnya Langka

Kompas.com - 14/10/2020, 11:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Laporan infeksi ulang Covid-19 tentu meningkatkan kekhawatiran semua orang.

Studi kasus terbaru yang diterbitkan Senin (12/10/2020) di jurnal Lancet Infectious Diseases melaporkan seorang pria berusia 25 tahun asal Nevada mengalami infeksi ulang Covid-19.

Kesehatan pria yang tak disebutkan namanya ini terus menurun saat terinfeksi ulang, suatu pola yang seharusnya bisa dicegah oleh sistem kekebalan.

Berkaitan dengan infeksi ulang Covid-19, para ahli mengingatkan kasus ini nyata tapi sangat jarang terjadi.

Baca juga: Infeksi Ulang Covid-19 Meningkat, Ancam Kekebalan pada Virus

Lebih dari 38 juta orang di seluruh dunia terinfeksi virus corona SARS-CoV-2. Namun catatan hingga Senin (12/10/2020), hanya ada kurang dari lima kasus terkait infeksi ulang Covid-19.

"Artinya kasus infeksi ulang sangat kecil, sangat jarang. Ini ibarat setetes air dalam ember, dibanding dengan jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia," kata Angela Rasmussen, ahli virologi di Universitas Columbia, New York seperti dilansir New York Times, Selasa (13/10/2020).

Beberapa orang yang mengalami infeksi ulang Covid-19 menunjukkan gejala yang lebih ringan atau tidak ada gejala sama sekali.

Namun tiga orang, termasuk satu pasien di Ekuador, infeksi kedua mengakibatkan gejala yang lebih parah dibanding infeksi pertama. Bahkan seorang wanita berusia 89 tahun di Belanda meninggal saat dia terpapar Covid-19 kedua kalinya.

Akiko Iwasaki, ahli imunologi dari Universitas Yale yang berkomentar di laporan kasus infeksi ulang dari Nevada mengatakan bahwa meski jarang terjadi, infeksi ulang nyata dan mungkin terjadi.

"Penting untuk dicatat bahwa ada orang yang terinfeksi Covid-19 dua kali dan dalam beberapa kasus mendapatkan penyakit yang lebih buruk," kata Iwasaki.

"Untuk mencegah infeksi ulang, Anda harus tetap memakai masker dan mempraktikkan jarak sosial meski sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19."

Infeksi ulang Covid-19, kasus jarang

Infeksi ulang Covid-19 adalah peristiwa yang tidak biasa. Kabar baiknya, kasus infeksi ulang jarang terjadi.

Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi virus corona atau COVID-19 di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). Mural tersebut ditujukan sebagai bentuk dukungan kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pras Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi virus corona atau COVID-19 di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). Mural tersebut ditujukan sebagai bentuk dukungan kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia.

Sejak kasus infeksi ulang pertama yang dilaporkan di Hong Kong pada 24 Agustus, hanya ada tiga kasus yang dipublikasikan. Sementara itu, ada 20 kasus lainnya yang masih dalam tinjauan ilmiah.

Namun tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti seberapa luas fenomena ini terjadi.

Untuk mengonfirmasi kasus infeksi ulang Covid-19, para ilmuwan harus mencari perbedaan signifikan pada gen dari dua virus corona yang menyebabkan infeksi pertama dan kedua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com