Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan, Hanya Punya Dua Jari

Kompas.com - 11/10/2020, 09:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Peneliti baru saja berhasil mengungkap detail spesies dinosaurus baru.

Dinosaurus yang diberi nama Oksoko avarsan ini memiliki paruh seperti burung beo dan tak bergigi alias ompong.

Tapi tak hanya keunikan itu saja yang dimiliki oleh dinosaurus tersebut. Seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (9/10/2020, penelitian selama enam tahun ini juga menemukan bahwa O.avarsan hanya memiliki dua jari fungsional pada tangannya.

Baca juga: Fosil Bulu Tertua Ditemukan, Ternyata Milik Dinosaurus Ini

Temuan ini pun menjadi menarik karena menjelaskan evolusi keluarga dinosaurus oviraptor.

Terlebih lagi, spesies yang kehilangan jari fungsionalnya seperti O.avarsan belum pernah ditemukan.

"Penemuan O.avarsan ini menarik karena kerangka sangat lengkap dan terawetkan dengan baik. Namun yang lebih penting adalah dua jarinya mendorong kami untuk melihat bagaimana cara tangan dan lengan berubah selama evolusi oviraptors," ungkap Gregory Funston, paleontolog dari Universitas Edinburgh.

Penelitian yang telah dipublikasikan di Royal Society Open Science ini menunjukkan, bahwa tangan dan lengan mahluk itu berubah secara drastis saat mereka bermigrasi ke belahan dunia baru, yang saat ini telah menjadi wilayah Amerika Utara dan Gurun Gobi di Mongolia.

Kemampuan untuk beradaptasi dengan habitat persediaan makanan yang berbeda ini, kemudian ditunjukkan melalui peralihan dari tiga jari menjadi dua jari fungsional.

Hilangnya jari ini pun terjadi bertahap, bahkan mungkin hingga jutaan tahun.

"Oviraptors nampaknya melakukan diversifikasi dan hidup berdampingan dalam ekosistem Cretaceous Asia baru," tambah Funston.

O.avarsan yang ditemukan oleh peneliti sendiri berada dalam pose istirahat, menandakan kemungkinan besar dinosaurus sedang berkumpul dalam kelompok sosial.

O.avarsan dperkirakan hidup sekitar 72-66 juta tahun yang lalu. Dinosaurus ini dapat tumbuh hingga sekitar dua meter.