Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,1 Guncang Sumba Barat Akibat Pergerakan Oblique Sekali Susulan

Kompas.com - 05/10/2020, 12:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Gempa tektonik bermagnitudo M 5,1 mengguncang wilayah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pukul 10.07 WIB, Senin (5/10/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,0.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 9,81 LS dan 119,41 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 19 kilometer arah Selatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT pada kedalaman 56 kilometer.

Rahmat berkata, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya deformasi kerak benua dasar laut.

Baca juga: Sejak 5 Agustus, Rentetan Gempa Sumba Mencapai 112 Kali

 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan oblique dominan turun atau oblique normal fault," kata dia.

Kendati hasil pemodelan gempa bumi yang berlokasi di laut ini tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Namun, sejumlah wilayah justru merasakan getaran dengan skala intensitas bervariasi dari guncangan gempa tektonik tersebut.

Guncangan gempa ini dirasakan di daerah di Waibakul dengan skala intensitas IV MMI, di mana bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

D wilayah Tambolaka, Waitabula, Waingapu getarannya dirasakan dengan skala intensitas III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com