Ilmuwan: "Planet Berlian" Mungkin Saja Ada di Antara Exoplanet Galaksi Ini

Kompas.com - 15/09/2020, 12:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Tidak semua bintang di galaksi ini terbuat dari material yang sama. Ilmuwan mengungkapkan bahwa tidak seperti planet, bulan, asteroid dan benda langit lainnya di Tata Surya kita yang berasal dari sisa material setelah Matahari terbentuk.

Akan tetapi, di antara bentangan luas galaksi ini, kita berharap dapat menemukan exoplanet yang sangat berbeda dari yang ada dalam Tata Surya ini.

Melansir Science Alert, Senin (14/9/2020) misalnya pada bintang yang kaya akan karbon dibandingkan Matahari. Dengan lebih banyak karbon daripada oksigen, sebuah exoplanet bisa saja terbentuk dari berlian.

Dengan memadatkan dan memanaskan silikon karbida di laboratorium, para ilmuwan mencoba mencari tahu seperti apa jika kondisi tersebut memang ada.