Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami Kaitan Mata Merah dengan Gejala Covid-19 pada Anak

Kompas.com - 10/09/2020, 09:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu hal tersulit dalam menghadapi novel coronavirus penyebab Covid-19 adalah melacak potensi gejala baru dan kaitannya dengan kondisi lain.

Misalnya saja, sebuah studi baru menunjukkan gejala tumpang tindih antara virus corona dan kondisi mata seperti konjungtivitis, atau yang lebih dikenal sebagai mata merah.

Ahli optometri Alexandra Williamson, OD, menjelaskan tentang penelitian tersebut dan kemungkinan hubungan antara virus corona dan mata yang teriritasi.

Baca juga: Kelelahan dan Sakit Kepala, Gejala Covid-19 Paling Umum pada Anak

Hubungan mata merah dan virus corona

Sebelum mengkhawatirkan potensi hubungan antara mata merah dan virus corona, penting untuk dipahami bahwa sudah ada tautan sebelumnya.

"Ada hubungan yang ditunjukkan dengan baik antara infeksi virus pernapasan dan jenis tampilan mata merah," catat Dr. Williamson.

"Konjungtivitis terjadi pada infeksi virus, tetapi bisa juga ada gejala mata lainnya seperti berair atau kemerahan, karena anak-anak yang lebih kecil biasanya akan menggosok mata ketika mata mereka teriritasi."

Ia menambahkan, secara anatomis, mata terhubung ke saluran hidung melalui saluran nasolakrimal, di mana air mata kita mengalir ke dalam sinus. Dan koneksi itu memungkinkan virus menyebabkan masalah di kedua tempat tersebut.

Tidak jarang, kata Dr. Williamson, serangkaian infeksi virus dari flu biasa hingga campak atau bahkan Covid-19 menunjukkan hal yang sama.

Namun, Covid-19 menjadi lebih rumit, karena efeknya pada setiap orang berbeda, baik pada pasien yang terinfeksi tanpa menunjukkan gejala atau mereka yang terinfeksi hingga sakit parah.

Baca juga: Ahli Kelompokkan 6 Jenis Infeksi Corona Covid-19 Berdasarkan Gejala

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com