Analisis Ulang Fosil Ungkap 2 Juta Tahun Lalu Eropa Kaya Keragaman Hewan

Kompas.com - 25/08/2020, 16:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Para ahli mencoba menganalisis ulang fosil-fosil yang ada di salah satu situs paleontologi penting di Eropa.

Ternyata dalam analisis ulang terhadap fosil di situs fosil Graunceanu dan potensi fosil di Lembah Sungai Oltet Rumania menemukan bahwa benua ini dulunya memiliki kekayaan keanekaragaman spesies hewan, dikutip dari Science Daily, Selasa (25/8/2020).

Di antaranya seperti monyet darat besar, jerapah leher pendek, badak dan kucing bertaring tajam.

Tak hanya spesies-spesies tersebut, sejumlah satwa lain juga diperkirakan pernah berkeliaran di padang rumput terbuka di kawasan Eropa Timur selama periode Pleistosen awal, yakni sekitar 2 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Fosil Baru dari Zaman Dinosaurus, Predator Besar dalam Perut Apex Predator Laut

Para peneliti berharap dengan dianalisis kembali fosil-fosil tersebut dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana dan kapan manusia purba bermigrasi ke Eurasia dari Afrika.

Studi dilakukan juga dengan merekonstruksi lingkungan masa lalu, untuk membantu peneliti lebih memahami perubahan iklim di masa depan.

Claire Terhune, profesor antropologi di University of Arkansas mengatakan bahwa situs penting tersebut memiliki komunitas fauna yang sangat beragam.

Badak bercula satu di Taman Nasional Kaziranga. Banjir di India telah menewaskan delapan badak langka ini, serta mengancam hewan liar lain di kawasan konservasi ini.WIKIMEDIA COMMONS/Anuwar ali hazarika Badak bercula satu di Taman Nasional Kaziranga. Banjir di India telah menewaskan delapan badak langka ini, serta mengancam hewan liar lain di kawasan konservasi ini.