Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Baru dari Zaman Dinosaurus, Predator Besar dalam Perut Apex Predator Laut

Kompas.com - 24/08/2020, 13:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo


KOMPAS.com- Penelitian terbaru menemukan adanya fosil predator tingkat atas (predator puncak/ Apex predator) air yang memakan mangsa berukuran sangat besar.

Hasil penelitian ini diterbitkan di iScience, dan dianggap sebagai bukti langsung tertua dari megapredasi dalam catatan fosil.

Seperti dilansir dari Gizmodo, Senin (24/8/2020), fosil dari zaman dinosaurus tersebut ditemukan di sebuah tambang di Provinsi Guizhou di barat daya China.

Pemandangan menarik dari fosil yang berhasil ditemukan tersebut adalah adanya Thalattosaurus yang panjangnya 12 kaki (4 meter) di dalam perut Ichthyosaurus (diucapkan "ick-thee-oh-sore")yang berukuran sepanjang 15 kaki (5 meter).

Diduga, Ichthyosaurus mungkin mati tidak lama setelah memakan Thalattosaurus yang ukurannya lebih dari yang bisa dimangsanya.

Baca juga: Spesies Dinosaurus Baru, Pemburu Fosil Inggris Temukan Tulang Sepupu T.rex

 

Apa itu Ichthyosaurus?

Untuk diketahui Ichthyosaurus adalah reptil air mirip lumba-lumba yang muncul selama Trias. Namun, seiring dengan penemuan-penemuan terbaru ichthyosaurus lebih akurat untuk dibandingkan dengan kategori paus pembunuh.

Spesimen khusus yang baru ditemukan ini adalah spesies ichthyosaurus dikenal sebagai Guizhouichthyosaurus tangae, yang tumbuh sepanjang 33 kaki (10 meter).

Sementara, mangsa yang dimakannya atau predator di dalam perut tersebut diduga spesies thalattosaurus yang disebut Xinpusaurus xingyensis.

Spesies ini disebutkan lebih mirip kadal, dengan empat anggota badan yang digunakan untuk mendayung di air.

Baca juga: Fosil Daun Ungkap Situasi Atmosfer Bumi 23 Juta Tahun Lalu

 

Fosil baru inilah dianggap sebagai bukti langsung pertama yang menunjukkan setidaknya beberapa spesies ichthyosuarus adalah predator tingkat atas, mirip dengan orca saat ini.

Berikut 6 fakta terkait penemuan fosil ichthyosaurus dan thalattosaurus di dalam perutnya ini.

1. Fosil baru ini disebut langka

Fosil yang baru ditemukan tersebut menunjukkan bahwa ichthyosaurus menelan hewan yang tidak jauh lebih kecil dari tubuhnya dan bentuk itu di fosil tersebut hampir lengkap, dan sudah berumur 240 juta tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com