Fosil Baru dari Zaman Dinosaurus, Predator Besar dalam Perut Apex Predator Laut

Kompas.com - 24/08/2020, 13:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com- Penelitian terbaru menemukan adanya fosil predator tingkat atas (predator puncak/ Apex predator) air yang memakan mangsa berukuran sangat besar.

Hasil penelitian ini diterbitkan di iScience, dan dianggap sebagai bukti langsung tertua dari megapredasi dalam catatan fosil.

Seperti dilansir dari Gizmodo, Senin (24/8/2020), fosil dari zaman dinosaurus tersebut ditemukan di sebuah tambang di Provinsi Guizhou di barat daya China.

Pemandangan menarik dari fosil yang berhasil ditemukan tersebut adalah adanya Thalattosaurus yang panjangnya 12 kaki (4 meter) di dalam perut Ichthyosaurus (diucapkan "ick-thee-oh-sore")yang berukuran sepanjang 15 kaki (5 meter).

Diduga, Ichthyosaurus mungkin mati tidak lama setelah memakan Thalattosaurus yang ukurannya lebih dari yang bisa dimangsanya.