Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seri Baru Jadi Ortu: Bayi Pilek, Bagaimana Cara Sedot Ingusnya?

Kompas.com - 07/08/2020, 19:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Baru Jadi Ortu

Waswas soal tumbuh kembang si kecil?

Sigap konsultasi ke dokter anak via Kompas.com

KOMPAS.com – Kondisi pilek pada umumnya lebih tepat disebut sebagai salesma, di mana terdapat ingus yang sangat banyak pada penderitanya.

Tak hanya orang dewasa, salesma juga bisa terjadi pada anak bahkan bayi. Kondisi ini tentu akan membuat bayi tidak nyaman karena sulit bernapas. Bagaimana cara yang tepat menyedot ingus bayi?

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Bintaro Jaya, dr Liza Fitria, Sp.A menyebutkan bahwa orangtua bisa memberikan tetes hidung yang berisi larutan garam.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Apakah Musik Klasik Membuat Bayi Lebih Pintar?

“Bayi bisa diberikan tetes hidung yang berisi larutan garam (saline nasal drop), kemudian menggunakan bulb syringe atau penyedot ingus atau nasal aspirator untuk menyedot ingusnya,” tutur Liza kepada Kompas.com, Jumat (7/8/2020).

Pada bayi berusia di atas enam bulan, lanjutnya, menyedot ingus dengan bulb syringe mungkin lebih sulit karena bayi akan banyak bergerak.

“Bila ini terjadi, maka cukup gunakan larutan air garam yang akan membantu mengencerkan lendir yang ada di hidung si kecil,” tuturnya.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Benarkah Bayi Mewarisi Alergi dari Orangtua?

Bila ada ingus yang terlihat mengering di sekitar hidung, bersihkan dengan kapas atau kasa yang sudah dibasahi hingga lembap. Perlu iingat, jangan sekali-kali menyedot ingus dengan mulut orangtua karena bisa memindahkan kuman.

“Kuman bisa berpindah dari mulut bayi ke orangtua, dan bisa juga sebaliknya,” tambah Liza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com