Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini : M 5,8 Guncang Laut Flores, Terasa Hingga Denpasar

Kompas.com - 15/07/2020, 08:33 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wilayah Laut Flores diguncang gempa tektonik berkekuatan  M 5,5 pagi hari ini pukul 06.33 WIB, Rabu (15/7/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,8.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,29 LS dan 120,43 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 123 kilometer arah Selatan Kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan pada kedalaman kilometer.

Baca juga: Gempa Rangkasbitung Terasa hingga Jakarta, Kenapa Rasanya Bergoyang Naik Turun?

Rahmat berkata, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dalam akibat adanya aktivitas subduksi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," kata dia.

Kendati gempa ini berlokasi di laut, hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Namun, guncangan gempa dirasakan hingga daerah Denpasar dengan skala intensitas getaran II MMI. Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Terkait gempa susulan, dari hasil monitoring BMKG hingga pukul 07.00 WIB, Rabu (15/7/2020) belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Baca juga: Gempa Rangkasbitung, Kenapa Guncangannya Terasa Kuat di Jakarta?

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali kedalam rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com