Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Sebut Setidaknya Butuh 110 Orang untuk Bangun Koloni di Mars

Kompas.com - 23/06/2020, 08:22 WIB
Yohana Artha Uly,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkapkan, setidaknya butuh 110 orang untuk bisa membangun koloni manusia di Planet Mars.

Melansir The Independent, Senin (23/6/2020), penelitian dilakukan oleh Profesor Jean-Marc Salotti dari Institut Nasional Politeknik Bordeaux Perancis dengan menggunakan pemodelan matematika.

Tujuannya untuk mencari tahu jumlah minimum orang yang harus hidup di Planet Merah tersebut, serta bagaimana cara hidup yang harus dilakukan mereka.

Dalam penelitian ini, Profesor Salotti menggunakan beberapa faktor berkaitan jumlah pemukim, pemilihan teknik pertanian, kondisi kehidupan yang memadai, industri dan pendukung kehidupan, serta pembagian dan pengorganisasian sumber daya.

Hasilnya, studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports ini mencatat, diperlukan sedikitnya 110 orang untuk bisa mewujudkan mimpi membangun koloni di Mars.

Baca juga: Bulan Depan, Uni Emirat Arab Akan Meluncurkan Misi Pertama ke Mars

Sementara kelangsungan hidup koloni bergantung pada seberapa baik mereka bisa saling bekerja sama sehingga bisa membangun pemukiman, serta seberapa mudah akses ke sumber daya alam.

Studi ini juga membahas bagaimana koloni kecil harus tinggal di kubah yang dipenuhi oksigen. Di dalam kubah, mereka akan membangun industri pertanian yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan di Mars.

Menurut Profesor Salotti, pindah ke Mars atau planet lainnya mungkin akan menjadi cara satu-satunya untuk manusia bisa bertahan hidup, bila suatu saat terjadi ancaman bencana yang besar di Bumi.

Kolonisasi manusia di Mars memang sudah menjadi mimpi sejak lama bagi para peneliti ruang angkasa.

Baca juga: Ingin Tinggal di Mars, Ilmuwan Temukan Lokasi Permukiman Paling Pas

Pengiriman robot untuk menjelajah Mars pun terus dilakukan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Pada Juli mendatang dalam misi Mars 2020 NASA akan mengirim dua robot, yakni Perseverance rover dan helikopter Ingenuity.

Beberapa perusahaan swasta juga telah berusaha membangun cara untuk memastikan manusia bisa tinggal di Mars. Salah satunya SpaceX, perusahaan milik miliarder Elon Musk.

Baru-baru ini SpaceX menjadi perusahaan swasta pertama yang berhasil mengirimkan dua astronot NASA ke stasiun ruang angkasa internasional (ISS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com