Ahli Sebut Setidaknya Butuh 110 Orang untuk Bangun Koloni di Mars

Kompas.com - 23/06/2020, 08:22 WIB
Yohana Artha Uly,
Gloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkapkan, setidaknya butuh 110 orang untuk bisa membangun koloni manusia di Planet Mars.

Melansir The Independent, Senin (23/6/2020), penelitian dilakukan oleh Profesor Jean-Marc Salotti dari Institut Nasional Politeknik Bordeaux Perancis dengan menggunakan pemodelan matematika.

Tujuannya untuk mencari tahu jumlah minimum orang yang harus hidup di Planet Merah tersebut, serta bagaimana cara hidup yang harus dilakukan mereka.

Dalam penelitian ini, Profesor Salotti menggunakan beberapa faktor berkaitan jumlah pemukim, pemilihan teknik pertanian, kondisi kehidupan yang memadai, industri dan pendukung kehidupan, serta pembagian dan pengorganisasian sumber daya.

Hasilnya, studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports ini mencatat, diperlukan sedikitnya 110 orang untuk bisa mewujudkan mimpi membangun koloni di Mars.