Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,0 Guncang Maluku Utara, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 04/06/2020, 21:43 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Maluku Utara kembali diguncang gempa kuat.

Setelah Maluku Utara diguncang gempa berkekuatan M 5,0 pada Kamis (4/6/2020) pukul 15.49 WIB, kurang dari lima jam kemudian atau tepatnya pukul 20.12 WIB, kawasan ini diguncang gempa dengan parameter awal M 5,0 dan parameter updatenya M 4,7.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, episenter gempa terletak pada koordinat 1,26 LU dan 126,38 BT.

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 122 kilometer arah Barat Laut Kota Ternate, Maluku Utara, pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 7,1 Guncang Laut Filipina, Terasa hingga Maluku Utara

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono berkata dalam keterangan tertulisnya bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktifitas deformasi Lempeng Laut Maluku.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujar Rahmat.

Kendati berpusat di laut, hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Terkait gempa bumi susulan, hasil monitoring BMKG hingga pukul 20.21 WIB, Kamis (4/6/2020) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Dampak dari guncangan atau getaran dari gempa ini dirasakan dengan intensitas berbeda-beda di sejumlah wilayah.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Ternate dengan skala intensitas I-II MMI. Dalam kondisi ini getaran dirasakan beberapa orang dan benda yang digantung bergoyang.

Kemudian, masyarakat yang tinggal di Pulau Mayau merasakan gempa dalam skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Getaran terasa seperti ada truk berlalu.

Baca juga: Viral Suara Dentuman di Jawa Tengah, BMKG Sebut Bukan dari Gempa Bumi

Rahmat menuturkan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Upayakan juga agar menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com